KPUD Rahasiakan Identitas Panelis Debat – FAJAR sulsel
News

KPUD Rahasiakan Identitas Panelis Debat

TAKALAR,UPEKS.co.id — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Takalar telah menyiapkan enam panelis yang akan menyuguhkan pertanyaan kepada dua pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Takalar pada 28 Desember besok. Namun keenam panelis tersebut masih dirahasiakan, baik identitas, maupun latar belakang profesinya.

KPUD beralasan hal itu dilakukan guna menjaga kerahasian dari publik, termasuk dari kedua tim masing masing pasangan calon. “Debat kandidat live di salah satu televisi lokal. Lokasinya di Menara Bosowa dengan kapasitas bisa menampung sampai 300 orang. Kami juga mengundang toko masyarakat, toko pemuda, dan perwakilan LSM,” terang Ketua KPUD Kabupaten Takalar, Jussalim Sammak, kemarin.

Terlpas persoalan debat kandidat, Jussalim menyatakan bahwa pihaknya juga sudah melakukan simulasi pencoblosan Pilkada 2017 di SMA Negeri 3 Takalar. “Karena waktunya yang tersisa dua bulan lagi makanya kami sengaja melakukan simulasi pencoblosan. Itu agar masyarakat lebih paham dan mengerti tentang tata cara pencoblosan,” ujar Jussalim. Dia mengatakan, simulasi digelar sebelum memasuki hari pencoblosan pada 15 Februari.

Terlebih lagi banyak pemilih pemula, khususnya di tingkat sekolah menengah atas (SMA). “Dalam simulasi kita ingin melihat berapa jumlah waktu yang digunakan selama pelaksanaan pencoblosan. Untuk itu kita buat suasananya seperti halnya pencoblosan sebenarnya. Kita juga undang penyandang disabilitas,” tandasnya.

Menurut Jussalim, setelah dilakukan simulasi pihaknya akan melakukan evaluasi sebagai bahan bimbingan teknis sebelum hari pelaksanaan pencoblosan. Terpisah, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Takalar Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Iskandar menegaskan akan menurunkan ratusan personelnya untuk mengamankan Pilkada Takalar. “Kami pun berharap agar tugas ini bukan hanya pada polisi saja, tapi semua masyarakat Takalar terlibat langsung dalam pengamanan Pilkada,” harapnya. (jah/mah)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top