570.000 Orang Belum Pakai BPJS Kesehatan – FAJAR sulsel
News

570.000 Orang Belum Pakai BPJS Kesehatan

28.12.16.Perbankan-BPJS-Kesehatan

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Perusahaan BUMN Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Wilayah KCU Makassar yang meliputi Kota Makassar, Pangkep, Maros, Gowa, dan Takalar masih menyisakan 18,7% atau sekitar 579.000 orang warga yang belum mendaftar menjadi anggota kepesertaan di BPJS Kesehatan.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan KCU Makassar, Drg Unting Patri Wicaksono, mengatakan data hingga Januari-November 2016 menunjukkan total kepesertaan baru mencapai 81,3%. “Total penduduk di 5 kabupaten ini sekitar 3 juta penduduk. Khusus di Kota Makassar sendiri total penduduknya ada 1,7 juta dan yang baru tercover itu 1,2 juta. Jadi sisa 500-an ribu yang belum sisanya berada di kabupaten itu,” ucapnya, Selasa (27/12/16).

Drg. Unting mengatakan, pihaknya berusaha secara bertahap untuk segera mengcover yang tersisa. Menurutnya, jumlah kepesertaan di KCU Makassar ini lebih tinggi dibandingkan jumlah kepesertaan secara nasional. Pihaknya pun tak henti mensosialisasikan kepada masyarakat baik melalui event-event maupun media secara keseluruhannya.

“Sejauh ini, kepesertaan, harapannya bisa tercover secara keseluruhan. Tetapi jika berbicara target kepesertaan, untuk tahun ini sudah tercapai diangka itu,” ujarnya. Dari sisi pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan telah menjalin kerja sama dengan 32 rumah sakit milik pemerintah maupun swasta yang tersebar di Makassar, Gowa, Maros, dan Takalar. Hal itu untuk memudahkan peserta JKN mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk realisasi biaya pelayanan hingga Nopember 2016 ini pihaknya telah melontarkan dana sebanyak Rp1,4 triliun. Dimana hingga tahun 2016 ditarget mencapai Rp1,5 triliun. Sementara, terkait keluhan masyarakat sendiri pihaknya selalu kerja keras dan memiliki strategi yang diterapkan sehingga di tahun 2016 terdapat 600 keluhan yang pihaknya terima dan sudah terselesaikan. “Pada dasarnya kan banyak masyarakat yang belum paham bagaimana regulasi BPJS Kesehatan.

Tapi secara umum semua tahu apa itu BPJS Kesehatan. Tapi melihat sekarang tingkat awerness pengetahuan masyarakat meningkat. Makanya semua keluhan sudah kita tangani,” jelasnya. Pihaknya pun mengimbau agar peserta BPJS Kesehatan, agar rutin melakukan pembayaran iuran agar ketika ingin mendapatkan pelayanan kesehatan tidak tertekan pada persoalan tunggakan iuran. (nda/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top