BI-Pemkot Maksimalkan GNNT – FAJAR sulsel
News

BI-Pemkot Maksimalkan GNNT

Lowongan-Kerja-Bank-Indonesia-BI-Lulusan-S1-Oktober-2015-1

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar meneken kesepahaman kerja terkait program pengembangan elektronifikasi transaksi pembayaran pemerintah dan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) di Balaikota Makassar, Selasa (26/12/16).

Kepala KPW BI Sulsel, Wiwiek Sisto Widayat, menuturkan, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tersebut sebagai upaya memperlancar sistem pembayaran yang aman, terkendali, dan transparan. KPw BI Sulsel, katanya, akan fokus dalam meningkatkan kegiatan atau transaksi non tunai, seperti pada pemerintahan, sekolah dan masyarakat.

“BI mendukung program BULo (Badan Usaha Lorong) Makassar. Kerja sama ini akan memperkuat (BULo) yang menyasar warga di lorong-lorong,” ungkap Wiwiek. Sementara itu, Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, mengatakan, kerjasama ini sebagai dasar untuk menciptakan sinergi dan kordinasi bagi kedua lembaga tersebut dalam melaksanakan program pengembangan elektronifikasi transaksi pembayaran dan meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan.

“Pemerintah kota telah memulai gerakan non tunai melalui program Sombere dan Smart City, salah satunya dengan peluncuran Smart Card yang dapat berfungsi sebagai kartu identitas sekaligus untuk transaksi keuangan,” kata Ramdhan. Salah satu poin pada MoU bernomor 18/31/PKS/MKS/2016 tertanggal 27 Desember 2016 adalah melakukan pengembangan non tunai dan perluasan akses keuangan di kawasan ekonomi lorong serta penguatan usaha melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan badan usaha. (rul/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top