Cuaca Ekstrim, Harga Ikan dan Cabe Melonjak – FAJAR sulsel
News

Cuaca Ekstrim, Harga Ikan dan Cabe Melonjak

nelayan-lappa-saat-melakukan-aktifitas-di-TPI-Lappa

SINJAI, UPEKS.co.id — Tingginya curah hujan dan kondisi angin yang cukup ekstrim selama beberapa pekan terakhir, menyebabkan banyak nelayan yang takut melaut mencari ikan.

Akibatnya harga ikan di pelelangan dan beberapa pasar ikan di Sinjai, melonjak tinggi. Bahkan mencapai 50-100 persen kenaikannya. Hal tersebut sangat dirasakan para penjual ikan di pasar.

Rudi Hasboellah salah satu penjual ikan di pasar Sentral Sinjai, mengungkapkan harga ikan naik karena nelayan takut melaut karena ombak cukup tinggi.

“Harga ikan lajang yang biasa dijual dengan harga Rp 20 Ribu sekarang menjadi Rp 40 Ribu. Bahkan di pelelangan ikan harga ikan Cakalang yang biasa dijual Rp 15-20 Ribu per ekor, sekarang menjadi Rp 40 Ribu. Kenaikan harga ini juga terjadi pada semua jenis ikan, termasuk, cumi dan udang yang di jual,” ujarnya.

Kenaikan harga karena pengaruh cuaca ini juga dirasakan, penjual cabe dan bawang.

Hj. Nirmalawati, salah satu pedagang cabe di pasar mengatakan, harga cabe dan bawang melonjak tinggi karena pasokan yang kurang sebab banyak tanaman petani yang rusak karena angin kencang.

“Harga cabe rawit saat ini sebelumnya dijual Rp 15 Ribu perkg, sekarang menjadi Rp 40 Ribu perkg. Sementara Bawang putih dari Rp 27 Ribu Perkg menjadi Rp 35 Ribu perkg. Sementara bawang merah mencapai Rp 45-50 Ribu perkg nya,” terangnya.

Lanjut Hj. Nirmalawati menjelaskan, bahwa pasokan cabe kami ambil dari Sinjai Bulukumba dan Sinjai Borong, sedang untuk bawang kami ambil dari Sinjai Barat, Malino dan Jenneponto. (egy)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top