Penerimaan Pajak Sulselbartra Rp11 T – FAJAR sulsel
News

Penerimaan Pajak Sulselbartra Rp11 T

Aris-Bambaaaaaaaa

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sulselbartra) mencatat penerimaan pajak hingga akhir bulan Desember 2016 hanya sebesar Rp11,05 triliun atau 72,4 persen.

Realisasi penerimaan pajak secara kumulatif di tiga provinsi tersebut terbilang cukup jauh dari target Rp15,26 triliun tahun ini.
Untuk mengoptimalkan penerimaan pajak hingga akhir tahun ini, Kanwil DJP Sulselbartra terus berupaya gencar melakukan sosialisasi hingga penyanderaan badan atau Gijzeling terhadap Wajib Pajak (WP) yang menunggak pajak di atas Rp100 juta.

Kepala Bidang P2H Kanwil DJP Sulselbartra, Aris Bamba berharap, kepatuhan WP untuk membayar pajak bisa meningkat signifikan hingga pekan terakhir bulan Desember 2016 ini, sehingga target akumulatif bisa tercapai. “Pekan terakhir ini, kami harap dioptimalkan Wajib Pajak, kepatuhan semakin meningkat agar tidak perlu lagi gijzeling,” harapnya via seluler, Selasa (27/12/16).

Aris mengaku, saat ini pihaknya telah melakukan penyanderaan (Gijzeling) terhadap salah satu WP pada awal Desember, lantaran mengemplang pajak sejak tahun 2011. Hal tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan program tax amnesty. Menurutnya, langkah Gijzeling badan itu diklaim telah mendorong tingkat kepatuhan WP di Sulselbartra kendati diakui belum terlalu signifikan.

Aris menambahkan, kantor pelayanan DJP Sulselbartra bakal beroperasi secara optimal pada pekan terakhir Desember untuk melayani pembayaran pajak maupun pelayanan tax amnesty. Untuk tanggal 27-29 Desember 2016, pelayanan kantor pajak akan terbuka hingga pukul 19.00 Wita, kemudian pada 30 Desember 2016 diperpanjang hingga pukul 21.00 Wita.

“Sedangkan 31 Desember nanti, kantor pelayanan kami buka hingga pukul 24.00 Wita untuk WP yang ingin melakukan pembayaran pajak maupun Tax Amnesty yang merupakan hari terakhir untuk periode kedua,” paparnya.

Adapun khusus untuk program Tax Amnesty, lanjut Aris, penerimaan uang tebusan yang tercatat di DJP Sulselbartra sebesar Rp940,7 miliar dengan jumlah15.300 WP.(and/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top