BNI Bukukan 1,5 Juta Rekening SimPel – FAJAR sulsel
News

BNI Bukukan 1,5 Juta Rekening SimPel

OJK-BNI Gelar Literasi Keuangan

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menginisiasi produk tabungan siswa dengan nama Simpanan Pelajar (SimPel). BNI pun memecahkan rekor MURI pada 16 September 2016.

Rekor itu berupa pembukaan 100.000 Rekening BNI SimPel di Kota Makassar sekaligus menandai 1 tahun Simpanan Pelajar yang telah diluncurkan sejak September tahun 2015 yang lalu.

Tercatata, BNI telah memiliki 1,5 juta rekening BNI SimPel hingga 30 November 2016. Langkah ini menjadi pemicu bagi BNI untuk lebih gencar mendukung program pemerintah dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di kalangan pelajar.

“Semoga program inklusi dan literasi keuangan bermanfaat buat siswa-siswi untuk menambah pengetahuan terkait produk/jasa layanan perbankan dan lembaga keuangan serta manfaat menabung sejak dini buat masa depan kalian,” kata Bob Tyasika Ananta, Direktur Operasional & Teknologi Informasi BNI.

Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk menggelar kegiatan literasi keuangan di SMA Katolik Makale, Tana Toraja, Rabu (28/12/16).

Direktur Operasional & Teknologi Informasi BNI, Bob Tyasika Ananta, mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap program OJK, yakni inklusi keuangan untuk semua.

“BNI bekerja sama dengan OJK menyelenggarakan kegiatan literasi keuangan yang kita hadiri pada hari ini (kemarin, red),” kata Bob.
Dia menuturkan, literasi keuangan memiliki tujuan jangka panjang bagi seluruh golongan masyarakat.

Tujuannya, meningkatkan literasi seseorang yang sebelumnya less literate atau not literate menjadi well literate, meningkatkan jumlah pengguna produk dan layanan jasa keuangan agar masyarakat luas dapat menentukan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan.

Lalu, masyarakat harus memahami dengan benar manfaat dan risiko, mengetahui hak dan kewajiban serta meyakini bahwa produk dan layanan jasa keuangan yang dipilih dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, literasi keuangan juga memberikan manfaat yang besar bagi sektor jasa keuangan termasuk BNI. Lembaga keuangan dan masyarakat saling membutuhkan satu sama lain sehingga semakin tinggi tingkat literasi keuangan masyarakat, maka semakin banyak masyarakat yang akan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan.

Karena itu, BNI aktif memberikan edukasi keuangan kepada siswa pelajar di sekolah, antara lain berperan serta pada kegiatan BUMN Mengajar, secara serentak seluruh Pimpinan Wilayah BNI se-Indonesia melakukan kegiatan mengajar di sekolah-sekolah dengan materi pengenalan perbankan, produk dan jasa bank serta manfaat menabung bagi siswa-siswi untuk persiapan masa depan.

“Literasi keuangan sekaligus inklusi keuangan diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman layanan keuangan khususnya produk tabungan kepada siswa, orang tua dan lingkungan sekolah dengan akses keuangan yang mudah dijangkau, biaya ringan, dan fitur yang menarik bagi siswa sekolah,” katanya.

Pada kesempatan ini, BNI secara simbolis menyerahkan 400 buku tabungan BNI SimPel beserta Kartu Debit BNI SimPel kepada 400 siswa-siswi SMA Katolik Makale. Tindak lanjut dari pembukaan rekening BNI SimPel tersebut, BNI Makale juga telah menghadirkan Agen46 sebagai agen laku pandai sebagai tempat transaksi keuangan para siswa-siswi menggunakan Buku Tabungan dan kartu Debit BNI SimPel sesuai program OJK, ditandai dengan penyerahan Sertifikat Agen46 pada SMA Katolik Makale. (rul/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top