Kades – BPD Harus Bersinergi Bangun Desa – FAJAR sulsel
News

Kades – BPD Harus Bersinergi Bangun Desa

MAJENE, UPEKS.co.id — Bupati Majene, Fahmi Massiara minta kepada Kepala Desa (Kades) dapat bersinergi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam membangun desa.

Hal tersebut disampaikan Bupati Majene saat membuka Rakor Evaluasi Pemerintahan Desa, sekaligus mengukuhkan 11 anggota Forum BPD Kabupaten Majene, Rabu,(28/12) di ruang pola kantor Bupati Majene.

“Di setiap Desa sudah ada BPD yang merupakan perwakilan masyarakat, dan kami meminta bisa bersinergi dengan Kades untuk bersama-sama membangun desa, jangan ada yang berseberangan,” kata Fahmi.

Menurut Fahmi, saat menyelenggarakan pemerintahan desa, Kades dan BPD harus benar-benar dapat bekerjasama dengan baik dan mengedepankan asas musyawarah, mufakat dalam menyelesaikan setiap permasalahan, sehingga tidak menghambat proses pelayanan maupun pembangunan.

“Hubungan antara Kades dan BPD harus harmonis agar mampu memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat. BPD itu mitra atau patnernya Kades dalam menjalankan urusan-urusan pemerintahan dan kegiatan pembangunan serta sosial kemasyarakatan,” terang Bupati Majene Fahmi Selain itu, antara Kades dan BPD diharap perhatikan kedudukan dan kewenangannya masing-masing.

“Kades dan BPD juga wajib menggali potensi desa secara maksimal, carilah terobosan-terobosan baru yang bisa bermamfaat bagi warga desa, ini penting agar nanti pada saat mengikuti TTG ada yang bisa ditampilkan, jangan hanya sebagai peserta saja,”tegas Fahmi.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Andi Amran mengatakan, Rakor Pemerintahan Desa bertujuan menyukseskan tugas penyelenggaraan Pemerintahan Desa. “Rapat koordinasi, juiga untuk mengetahui apa saja yang menjadi permasalahan tahun 2016, sehingga tahun 2017 dapat meminimalisir terjadinya permasalahan, apalagi pelaporan pertanggungjawaban sudah online,” kata Andi Amran. (ali/arf) .

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top