Kenali Glaukoma dan Bahaya yang Disebabkannya – FAJAR sulsel
Kesehatan

Kenali Glaukoma dan Bahaya yang Disebabkannya

FAJAR HEALTH – Apa itu Glaukoma? Glaukoma adalah kondisi dimana berkurangnya pengelihatan yang disebabkan oleh kerusakan pada saraf optik mata.

Parahnya, kondisi ini kerap tidak disadari oleh penderitanya, tidak disaat semuanya sudah terlambat.

“Perubahan (kondisi pengelihatan) dapat berubah secara perlahan tanpa anda sadari sebelum kondisinya sudah memasuki tahap yang serius,” kata Joel Schuman, M.D., CEO dari Department of Ophthalmology di New York University Medical Center di NYC, AS.

Bagaimana cara mengenali gejala ini pada seseorang?

Menurut Dr. Schuman, glaukoma dapat dikenali dengan ciri seperti mudah tersandung atau kesulitan menggapai gelas atau cangkir yang justru malah menyenggolnya hingga jatuh.

Tanda lainnya, lanjut dia, adalah seperti kesulitan berkendara di malam hari. Hal ini dikarenakan oleh berkurangnya kemampuan mata dalam membedakan antara terang dan gelap.

Selain dua ciri di atas, ciri lain dari Glaukoma juga ditunjukan dengan timbulnya rasa nyeri pada mata, kepala pusing, pandangan samar, mata memerah, mual dan muntah.

Untuk melindungi diri anda dari kondisi ini, The American Academy of Opthamology menyarankan setiap orang berusia mulai dari 40 tahun untuk melakukan baseline screeening setiap 2 atau 4 tahun sekali, tergantung dari faktor resiko masing-masing orang.(Fajar)

Original Article

loading...
Click to comment
To Top