Serapan Anggaran Hanya 85% – FAJAR sulsel
News

Serapan Anggaran Hanya 85%

Realisasi APBD Sulsel

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Hingga 26 Desember 2016, Pemprov Sulsel hanya mampu merealisasikan APBD 2016 sekitar 85,22% atau sekitar Rp6,215 triliun, dari alokasi sebesar Rp7,293 triliun

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulsel, Jufri Rahman. Menurutnya, serapan APBD tahun ini berada di bawah 90% lantaran ada perubahan kebijakan dari pusat.

“Pusatkan melakukan pemotongan dana alokasi khusus (DAK) reguler. Termasuk ada DAK tambahan yang tidak jadi ditransfer,” ungkapnya, kemarin.

Sementara untuk dana transfer ke daerah di Sulsel, yang nilainya Rp30,185 triliun pada tahun anggaran 2016 ini realisasinya per 1 Desember mencapai 90,40 persen atau sekitar Rp27,289 triliun.

Menanggapi kondisi itu, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo berbangga hati. Menurutnya, serapan anggaran di Sulsel itu tidak pernah di bawah 90%.

“Di atas 90% itu sudah cumlaude loh. Kalo soal DAK, itukan dari pusat, jadi daerah tidak berdaya. Tapi saya jamin, semuanya bisa berjalan semua. Proyek dan apapun itu. Jangan bikin pengusaha gamang. Jangan terlalu banyak masalah,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi Sulsel, Andi Arwien Azis menjelaskan, DAK Sulsel 2016 sebesar 20% terancam tidak terserap, karena laporan penggunaan dana tahap ketiga belum kelar.

Ia pun mengaku pesimistis DAK tahap keempat tidak bisa dicairkan. Meski demikian, menurut Arwien, laporan pertanggungjawaban DAK tahap kedua sudah dikirimkan pada Dirjen Perimbangan Keuangan, yang membidangi DAK, dan tinggal menunggu pencairan.

Arwien menambahkan, berdasar aturan yang ada sekarang, meski pekerjaan telah selesai 100%, tetapi jika laporan tahap pertama belum dimasukkan, maka akan tetap terhitung dari tahap satu, artinya pencairan yang dilakukan hanya 30% dari total DAK.

“Ini yang terjadi sekarang sehingga menumpuk diakhir tahun, dan dikhawatirkan ada DAK yang tidak dapat terserap terutama tahap empat, kita pesimis untuk mendapatkan dana tahap empat karena tahap empat ini sangat tergantung dari tahap tiga” paparnya.

Ia memprediksi pencairan hanya bisa dilakukan hingga tahap ketiga, yakni maksimal 80% dari total DAK. Karena proses pencairan dilakukan bertahap, yakni 30% pada tahap pertama, 25% pada tahap kedua, 25% pada tahap ketigan dan 20% pada tahap keempat.(eky/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top