Tahap Pertama Rampung – FAJAR sulsel
News

Tahap Pertama Rampung

Proyek Perintis-Sutami

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Pembangunan tahap pertama jalan penghubung Perintis-Sutami sudah rampung. Masyarakat pun sudah bisa menikmati akses dari depan BTP Jalan Perintis Kemerdekaan menuju Jalan Ir Sutami itu. Kini pemprov akan melanjutkan pekerjaan ke tahap kedua.

Masih ada 3,6 kilometer jalan yang harus dikerjakan hingga akses masuk tol. Jalan baru ini pun diusulkan untuk dijadikan jalan tol. Ide tersebut datang dari Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang saat meninjau langsung progres pekerjaan. Menurutnya, jalan ini bisa memberikan pemasukan untuk daerah.

“Inikan dibangun dari pinjaman Pusat Investasi Pemerintah (PIP). Jadi saya mau usulkan ke Pak Gubernur, kita selesai tahap kedua terus kita bikin jadi tol,” ujar Agus. Menurutnya, ini bisa jadi investasi jangka panjang pemerintah. Tidak apa-apa, kata dia, Pemprov mengajukan pinjaman untuk melanjutkan jalan tersebut, lagi pula biaya akan kembali dari pembayaran tol. “Ini bisa kita lihat misalnya di Surabaya kalau kita menuju bandara.

Jadi tidak masalah jika nanti akan ada perubahan, kan tetap dipagari,” lanjutnya. Tahun depan, pemprov sudah menyiapkan Rp40 miliar untuk pembebasan lahan tahap kedua. Memang belum cukup, tetapi jalan ini akan dipacu agar bisa diselesaikan 2018 mendatang. Untuk fisik, dari perkiraan Dinas Bina Marga butuh Rp250 miliar.

Kadis Bina Marga Sulsel, Amin Yakob belum ingin bicara soal rencana menjadikan Jalan Perintis-Sutami menjadi tol. Ia menyerahkan semua keputusan kepada gubernur. “Kalau kami laksanakan apa yang sudah direncanakan saja. Misalnya tahun depan kita mau bebaskan lahan. Kalau memang memungkinkan, di APBD perubahan kita bisa alokasikan lagi untuk fisik jalannya,” katanya. (met/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top