73% Masyarakat Enrekang Puas Atas Layanan Kesehatan Tingkat Dasar – FAJAR sulsel
News

73% Masyarakat Enrekang Puas Atas Layanan Kesehatan Tingkat Dasar

unnamed-47

ENREKANG, UPEKS.co.id — Untuk mengetahui berapa besar indeks kepuasan masyarakat atas layanan kesehatan di tingkat dasar atau di tingkat Puskesmas, beberapa bulan terkahir tahun 2016, Dinas Kesehatan Kabupaten Enrekang bekerjasama dengan Lembaga Independent yaitu LSM Sulawesi Baru melakukan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM).

Menurut Wahyudin, Direktur LSM Sulawesi Baru, hasil Survey Kepuasan Masyarakat yang dilakukan pihaknya selama ini berpedoman pada Permenpan dan RB No.16/2014 dan mengambil sample dari responden yang pernah menerima layanan pada September hingga Oktober 2016.

“Kami melakukan survey minimal 10 orang penerima layanan dalam satu Puskesmas. Dari hasil survey tersebut Tingkat kepuasan 73,5439 % itu berarti kepuasan masyarakat atas layanan kesehatan ditingkat dasar dalam kategori Baik,” kata Wahyudin.

Wahyudin menambahkan, survey dilakukan terhadap 150 responden dari 13 puskesmas secara profesional berdasar jumlah penduduk dikabupaten Enrekang.

Meski masih ada sekitar 25 % responden yang tidak puas dengan layanan kesehatan di Enrekang namun Kadis Kesehatan Dr H. Marwan Ganoko berjanji akan segera melakukan perbaikan dan penyemburnaan atas ketidakpuasan masyarakat.

Mengingat rata -.rata masyarakat tidak puas atas Prosedur dan kesesuaian persyaratan serta kesopanan dan keramahan para petugas.

Selain itu masyarakat juga masih menyoroti kenyamanan sarana prasarana seperti ketersediaan toilet dan kebersihannya, ruang layanan yang sempit serta keadilan, keadilan pelayanan dan kurang cepat dalam melayani,m asih banyak petugas kesehatan yang main hp dan menerima telefon saat melakukan pelayanan terhadap pasien dan bagi mereka itu sangat mengganggu pelayanan.

Dr. Marwan menambahkan, 73.% tingkat kepuasan masyarakat dapat menjadi barometer bahwa apa yang dilakukan oleh pihaknya selama dua tahun terakhir tidak sia – sia karena apresiasi masyarakat baik.

Namun dalam hal peningkatan sarana Marwan berjanji akan dilengkapi tahun 2017, hal ini berdasarkan rekomendasi tim akreditasi yang menilai masih banyak kekurangan saran di tingkat puskesmas maka Pemda akan menyiapkan anggaran kurang lebih Rp8 miliar khusus untuk fisik dan menurut dr. Marwan semua proses pembangunan akan dilakukan secara bertahap. ( Sry ).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top