Bupati Salut Kerukunan Umat Beragama – FAJAR sulsel
News

Bupati Salut Kerukunan Umat Beragama

30.12-foto-kolaka-natal

KOLAKA,UPEKS.co.id — Bupati Kolaka, H Ahmad Safei mengungkapkan kekagumannya atas terciptanya kerukunan umat beragama di Kolaka. Demikian bupati saat sambutan pada perayaan Natal Umat Kristiani Pemda Kolaka, TNI/Polri dan masyarakat dari berbagai denominasi yang ada di kabupaten Kolaka di Hotel Sutan Raja, Rabu (28/12).

Perayaan natal turut dihadiri unsur pimpinan DPRD, Forum Komunikasi Daerah, jajaran pejabat eselon III maupun eselon II lingkup Pemda Kolaka dan Forum Komunikasi Daerah.

Lanjut bupati, sebagai orang yang dipercaya memimpin semua masyarakat di kabupaten Kolaka, saya sangat bangga melihat daerah kita ini yang tetap aman dan nyaman dihuni oleh semua orang tanpa merasa beda karena agama, suku, ras, atau aliran kepercayaan.

Meski demikian selaku pemimpin, Safei terus mengingatkan adanya potensi gangguan stabilitas yang mungkin muncul secara tidak diduga karena fanatisme sempit terhadap suku dan agama. “Karena itu pada berbagai kesempatan saya mengimbau kita semua memelihara kerukunan. Karena baik dan buruknya daerah kita, kitalah yang menentukan.

Kita yang rasakan sendiri, bukan orang di luar sana. Kita bersama, maka jangan pernah ada di antara kita yang menonjolkan diri dan merasa lebih berperan,”ujarnya. Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kolaka, Azis Baking mengimbau seluruh umat beragama, termasuk umat kristiani untuk selalu menjaga kerukunan, dan saling menghormati.

“Jika kita membangun dalam suasana yang rukun dan tenteram maka semua akan berjalan baik. Karena itu hendaklah kita semua bergandengan tangan, dan bersyukur atas semua karunia Allah. Maka kehidupan kita akan terus berkati,” kata Azis.

Perayaan Natal bersama umat kristiani se-kabupaten Kolaka tahun 2016 dikutip dari salah satu ayat Alkitab, Lukas 2:11, “Telah Lahir Bagimu Kristus Tuhan di Kota Daud (Lukas 2:11), sementara sub tema, “Memuliakan Kehidupan Bersama, Merawat Kemajemukan, dan Menjaga Keutuhan NKRI”.

Dibagian lain, Harun Masiri atas nama panitia pelaksana perayaan natal bersama menyatakan bahwa tema dan sub tema kali ini mengedepankan kerukunan dalam kemajemukan mengingat bangsa Indonesia saat ini tengah diuji keutuhannya sebagai bangsa yang pluralis. Perayaan natal bersama Pemda dan masyarakat kabupaten Kolaka berlangsung hikmat namun tetap semarak, dengan melibatkan kelompok paduan suara dan vokal grup dari berbagai gereja dan persekutuan.

Dalam khutbah natalnya, Pendeta Siska Silambi Tumanan mengimbau seluruh umat kristiani selalu mengedepankan sikap introspeksi diri, dan memaknai kelahiran Kristus sebagai simbol kehadiran umat kristiani di tengah dunia yang harus menjadi terang dan berkat bagi semua makhluk. (pil/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top