Cetak 10 Ribu Pengusaha Baru – FAJAR sulsel
News

Cetak 10 Ribu Pengusaha Baru

Prestasi Diskop dan UMKM

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Target Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menciptakan pengusaha baru atau entrepreneur betul-betul terwujud. Pemprov melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berhasil mencetak 10 ribu pengusaha baru hingga akhir tahun.

Terdiri dari 500 kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 20 usaha. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, A Syamsu Alam Ibrahim saat dihubungi Upeks kemarin mengatakan, data terakhir yang diperoleh menyebutkan bahwa selama tiga tahun tingkat pertumbuhan usaha baru memperlihatkan peningkatan yang cukup signifikan.

Tahun 2014 jumlah kelompok 482, 2015 naik menjadi 500 kelompok. “Dan terakhir 2016 kami juga berhasil menciptakan pengusaha baru sekira 10 ribu berasal dari 500 kelompok usaha,” ujarnya secara menambahkan, penciptaan usaha baru mejadi salah satu program strategi gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.

Menurutnya, keberhasilan menambah pengusaha baru tak terlepas dari bimbingan dan arahan Gubernur. Ditanya mengenai apakah kelompok usaha juga mendapatkan bantuan permodalan, pengganti AM Yamin ini menjelaskan, usaha baru sangat sulit berkembang jika tidak mendapakan dukungan permodalan.

Atas dasar itu, pihaknya memutuskan memberikan bantuan modal Rp10 juta setiap kelompok usaha. Jadi, jika dihitung secara total jumlahnya mencapai Rp5 miliar. Dana tersebut dipakai pengusaha menjalankan aktivitas bisnisnya. “Kita memberi stimulus agar usaha mereka berkembang dengan baik. Kita berharap perekonomian Sulsel ditopang perkembangan usaha baru,” ujarnya.

Untuk menggerakkan dan meningkatkan spirit kewirausahaan agar tumbuh dan berkembang pada setiap elemen masyarakat, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang meminta kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) agar kewirausahaan dijadikan sebagai mata kuliah wajib di setiap kampus.

“Untuk mengembangkan kewirausahaan di tengah-tengah masyarakat dan terus mendorong spirit masyarakat untuk berwirausaha, maka sebaiknya PTN dan PTS menjadikan kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib di setiap kampus,” kata Agus usai penyerahkan penghargaan wirausaha berprestasi Kota Palopo dan Kabupaten Luwu di Kota Palopo belum lama ini.

Dia juga berharap dengan dijadikannya kewirausahaan sebagai salah satu mata kuliah wajib di setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta agar dapat mendorong hadirnya atau terbentuknya komunitas Kewirausahaan pemuda yang terdidik pada setiap perguruan tinggi yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dengan demikian menurut Mantan Ketua DPRD Sulsel itu, maka mindset pemuda dan mahasiswa atau angkatan kerja produktif harus berubah dari keinginan selalu menjadi Pegawai Negeri Sipil atau Karyawan beralih keinginannya untuk menjadi wirausahawan yang maju dan mandiri.

Untuk terwujudnya hal tersebut, Agus AN minta agar Kadin, Dekopinda, Apindo, HIPMI dan Asosiasi Usaha Bersama Pemerintah Kabupaten dan Kota se Sulawesi Selatan harus hadir dan tampil sebagai penggerak dan pendorong utama pengembangan kewirausahaan di daerah ini. (eky-mg1)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top