Pegadaian Bukukan Rp4,5 T – FAJAR sulsel
News

Pegadaian Bukukan Rp4,5 T

MAKASSAR, UPEKS.co.id — PT Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) VI Makassar yang meliputi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Ambon, telah Lebihi target sebesar Rp4,5 triliun. Dari target Rp3,91 triliun tahun 2016 meningkat menjadi Rp4,5 triliun tahun 2017.

Pemimpin Wilayah Pegadaian VI Makassar, Nuril Islamiah, mengatakan, pencapaian pihaknya sudah melebihi dari target dimana November 2016 mencapai Rp3,97 triliun. “Hal itu dikarenakan banyak faktor dan ada produk syariah yang terbaru,” ucapnya, belum lama ini.

Tiga produk tersebut yakni dana pembiayaan haji (ARRUM), pembiayaan pembelian kendaraan bermotor (Amanah), dan produk segera diluncurkan Kreasi Flexi. Menurutnya produk ini tergolong baru namun berpotensi meningkatkan pendapatan. “Semua produk ini bersentuhan dengan kebutuhan sehari hari masyarakat atau hal hal yang krusial kebutuhan ibadah. Pasarnya selalu ada,” ujarnya.

Menurutnya, tiga produk ini bertumbuh masing masing diatas 20 persen. Posisi terakhir, pemanfaatan produk ARRUM melampaui target dari Rp20 miliar menjadi Rp30,8 miliar selama delapan bulan. Amanah sudah mengukuhkan Osl Rp7,9 miliar dati target awal hanya Rp3,8 miliar selama kurang lebih sembilan bulan.

Dia menjelaskan, ARRUM, produk yang baru diluncurkan 1 April 2016 tersebut menawarkan dana tambahan untuk ibadah haji sebelum mengambil nomor porsi. Dana setoran diberikan Pegadaian dibuka senilai Rp25 juta hanya dengan agunan berupa emas emas minimal 15 gram atau setara Rp7 juta. Selanjutnya, pembayaran dilakukan penerima setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang telah ditunjuk oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (KEMENAG RI).

Sejumlah bank yang bekerjasama dengan Pegadaian meliputi BNI Syariah, BRI Syariah, dan Panin Syariah. Tenor angsuran haji 6-36 bulan dimana nasabah membayar angsuran ke kantor PT Pegadaian sampai lunas, tanpa dikenakan bunga. Ke depannya, produk ini diakses tidak hanya di cabang syariah, tapi juga di cabang konvensional. Pembiayaan pembelian motor dan mobil, Amanah. Keutamaannya menawarkan bunga 1 persen setiap bulan flat.

Plafon pembiayaan motor hingga Rp60 juta dan maksimal Rp500 juta untuk pembelian mobil semua brand. Tenor pembiaayaan hingga 36 bulan. Terakhir, Kreasi Flexi baru akan diluncurkan pada awal tahun 2017. Pembiayaan ditujukan untuk petani dengan jaminan BPKB. Berbeda dengan pembiayaan lain harus dicicil per bulan, Kreasi Flexi dibayar dengan pilihan per tiga bulan, enam bulan, atau bayar sekaligus di akhir.

“Kami memberikan kesempatan kepada petani membayar sesuai dengan masa panennya,” jelasnya. Pihaknya berharap tiga produk syariah terbaru diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan oustanding loan (Osl) atau penyaluran pembiayaan mencapai 16 persen year on year (yoy) 2016 ke 2017. “Kami mengandalkan tiga produk baru untuk mendongkrak pendapatan di tahun 2017 mendatang,” harapnya. (nda/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top