Strategi Baru – FAJAR sulsel
News

Strategi Baru

Muh. Akbar Direktur aset Unhas

Tidak terasa, tahun 2016 segera berlalu. Pertanyaannya, bagaimana strategi yang telah Anda jalankan dalam memasarkan produk Anda di tahun 2016 ini? Berhasil atau tidak? Khusus yang merasa belum berhasil, saatnya Anda merancang strategi baru. Selanjutnya, segera lakukan strategi yang telah Anda rancang.

Jangan hanya merancang!. Ingat, strategi yang terburuk adalah strategi yang tidak dijalankan! Dan, untuk melahirkan program-program kreatif sebagai strategi baru dalam menggairahkan pasar, banyak langkah yang dapat Anda lakukan. Satu diantaranya adalah melakukan segmentasi ulang terhadap pasar di mana produk Anda akan atau sementara dipasarkan.

Selanjutnya, berdasarkan hasil segemantasi ulang yang telah Anda lakukan, buatlah penyesuaian-penyesuaian dengan produk Anda. Produk di sini, bisa barang, bisa jasa. Soal segmentasi, lebih detail lebih baik. Bagiamana membuat detail, atau lazim disebut fokus? Pertama, tetapkan tujuan yang akan Anda capai.

Kedua, lakukan identifikasi ulang terhadap produk dan pasar Anda sebagai langkah penyesuaian dengan tujuan yang telah Anda tetapkan. Ketiga, tetapkanlah strategi untuk mencapai tujuan, pertimbangannya efektif dari segi kegunaan, efisien dari dari segi pembiayaan dan optimal dari segi hasil.

Keempat, persiapkanlah segala hal yang terkait dengan pelaksanaan strategi, termasuk mempersiapkan eksekusinya. Kelima, lakukan eksekusi berdasarkan strategi yang telah Anda persiapkan atau rencanakan. Sekedar mengingatkan, melakukan tanpa merencanakan sama halnya merencanakan kegagalan! Selanjutnya, lakukanlah evaluasi pada saatnya (sebagaimana waktu yang Anda tetapkan).

Evaluasi di sini amat penting untuk mengetahui apakah segmentasi yang telah dilakukan setelah dikaitkan dengan kegiatan sebagai strategi baru telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan atau direncanakan atau tidak. Bila tidak, segera lakukan perbaikan. Jangan diam. Sekalipun diam dapat dikategorikan sebagai strategi bertahan. Kembali ke soal strategi baru. Strategi baru sesungguhnya dapat dimaknai dengan beberapa cara. Pertama, memperbaiki atau menyempurnakan strategi yang telah Anda lakukan.

Kedua, mengganti strategi yang telah Anda lakukan tentu dengaan strategi baru. Ketiga, memodifikasi strategi yang telah dilakukan sehingga dapat hasil yang lebih optimal. Selanjutnya, perlu Anda ketahui bahwa suatu karya besar dalam penentuan strategi ditandai dengan tiga hal. Pertama, strategi yang dipilih selalu diarahkan kepada khalayak tertentu dan tujuan spesifik. Kedua, memiliki suatu gagasan sentral yang harus dapat menarik perhatian dan melekat di benak khalayak sasaran.

Ketiga, pelaksanaan harus selalu yang terbaik sehingga selalu mengesankan. Mengesankan itu sendiri sangat terkait dengan ingatan dan pengalaman konsumen. Mengesankan berarti menyenangkan! Sebaliknya, tidak mengesankan berarti mengecewakan. Khusus konsumen yang kecewa hampir dipastikan tidak akan melupakan pengalaman buruknya. Bahkan lebih dari itu, konsumen yang kecewa akan menceritakan pengalaman buruknya kepada konsumen lainnya. Mengesankan atau mengecewakan? Buktinya adalah transaksi dan posisi produk Anda di pasar. Pemimpin pasar atau ‘penonton’ pasar!

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top