Wuih, Puskesmas Ponre Punya ‘Mobil Senyum’ – FAJAR sulsel
News

Wuih, Puskesmas Ponre Punya ‘Mobil Senyum’

unnamed-46

BULUKUMBA, UPEKS.co.id – Sebagai upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi, Puskesmas Ponre, Kecamatan Gantarang meluncurkan satu unit mobil ambulans. Saat ini Puskesmas telah memiliki dua unit mobil ambulans.

Peluncuran ambulans tersebut digelar pada pertemuan lintas sektor Sosialisasi mobil ambulans PKM Ponre di aula Kantor Camat Gantarang, Kamis (29/12/16).

Kepala Puskemas Ponre, St Dahariah,SKM.,M.Kes kepada Upeks mengatakan, peluncuran mobil ambualans yang diberi nama “Mobil Senyum” merupakan kendaraan yang digunakan untuk menjemput, mengantar dan membantu keperluan persalinan dan kasus kegawatdaruratan maternal dan neonatal bagi masyarakat miskin.

“Mobil Senyum yang kita luncurkan hanya beroperasi diwilayah kerja PKM Ponre khususnya di tiga Kelurahan, yakni Kelurahan Matekko, Jalanjang dan Mariorennu. Mobil Senyum, kita harapkan mampu meningkatkan cakupan persalinan oleh tenaga kesehatan, menurunkan angka kematian ibu dan bayi, memfasilitasi masyarakat miskin untuk kesarana kesehatan,” jelas St Dahariah.

Dikatakannya, mobil ambulans ini merupakan program inovatif PKM Ponre sebagai gerakan penyelamatan ibu bersalin dan bayi baru lahir.

“Puskesmas Ponre PKM rawat jalan, khusus pelayanan persalinan 24 jam on call bidan desa dan bidan kelurahan,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Gantarang, Drs.A.Ari Arianto.AS sangat mengapresiasi program PKM Ponre dan sangat mengharapkan ambulans desa aktif untuk mengantar masyarakat ke sarana kesehatan khusus diwilayahnya.

“Wilayah kerja Puskesmas Ponre diantaranya, Desa Bontosunggu dan Desa Paenrelompoe. Mobil Senyum ambulans PKM Ponre ini sangat membantu masyarakat miskin untuk melahirkan di sarana kesehatan dengan cepat dan aman,” kata Andi Ari Arianto.

Peluncuran Mobil Senyum dihadiri Anggota DPRD Komisi D, Hj. Aminah Syam, Sekcam Gantarang, Ketua Tim PKK Kecamatan Gantarang, para Kades/ Lurah, Tim PKK Desa/Kelurahan, Kapolsek Gantarang, perwakilan Danramil, Ketua Formap KIA Bulukumba Muhajir, kader Posyandu, bidan, perawat PKM Ponre, dan tokoh masyarakat. (sufri).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top