2017, BEI Genjot Perusahaan Daerah Go Public – FAJAR sulsel
News

2017, BEI Genjot Perusahaan Daerah Go Public

Fahmin-amirullah

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Bursa Efek Indonesia (BEI), akan membuka jaringan saham di sejumlah daerah yang potensial. BEI akan menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Direktur Utama BEI, Tito Sulistio mengungkapkan, terobosan BEI di 2017 adalah, fokus memperluas akses pasar modal hingga ke daerah. Menurutnya, jarigan saham di daerah dapat memudahkan akses perusahaan yang ingin bergabung di lantai bursa. Selama ini menurutnya, hanya bisa dilakukan di Jakarta.

“Cabang-cabang BEI di daerah nantinya bisa menjadi tempat melakukan IPO (Initial Public Offering),” ujar Tito, dalam keterangan resminya, kepada Upeks, akhir tahun.

Menurut Tito, adanya kewenangan melakukan IPO di cabang-cabang di seluruh Indonesia, diharapkan dapat memudahkan akses bagi perusahaan untuk menjadi perusahaan terbuka.

Selain itu, Tito menambahkan, BEI juga bekerja sama dengan sejumlah institusi pendidikan, untuk memasyarakatkan pasar saham. “Peluang di kalangan mahasiswa untuk gabung di pasar modal lebih potensial, mereka diberikan wawasan lebih dalam terkait industri pasar modal,” ujarnya.

Di Sulsel, terdapat beberapa perusahaan besar cukup potensial untuk bergabung di pasar saham. Diantaranya, Bank Sulselbar, Kalla Group, Bosowa Group dan beberapa perusahaan besar lainnya.

Bursa Efek Indonesia mendorong sedikitnya 50 perusahaan berbagai sektor yang berbasis di Sulsel, untuk memanfaatkan pasar modal sebagai alternatif sumber pendanaan. “Perusahaan ini dinilai sudah memenuhi syarat, minimal kepemilikan aset,” kata Fahmin Amirullah, Kepala Kantor Perwakilan BEI Makassar.

Dia menjelaskan, dari sisi kapitalisasi (size) perusahaan, Bank Sulselbar, anak usaha Kalla Group dan Bosowa Group lebih besar dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Sejauh ini, di Sulsel, BEI mencatat hanya tiga perusahaan yang melantai di bursa. Diantaranya GMTD Tbk, PT Vale Indonesia Tbk dan PT Antam Tbk.

“Kita terus mengajak perusahan lainnya untuk ikut bergabung di bursa,” tambahnya. (met/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top