Sejumlah Camat Layak Naik Kelas – FAJAR sulsel
News

Sejumlah Camat Layak Naik Kelas

*Untuk Ganti Pejabat Pensiun

BELOPA — Bupati Luwu, HA Mudzakkar sesuai janjinya dihadapan anggota DPRD Luwu, berjanji pekan ini akan melantik sejumlah pejabat untuk mengisi jabatan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru. Diperkirakan sejumlah pejabat eselon III diprediksi bakal ‘naik kelas’ untuk mengisi jabatan eselon II untuk menggantikan yang telah pensiun.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Luwu, Drs H Sulaiman MM kepada Palopo Pos, Minggu 1 Januari 2017 membenarkan adanya rencana dilakukan pelantikan pejabat dilingkup Pemkab Luwu berdasarkan Perda OPD yang baru. Namun demikian menyangkut soal waktu dan siapa pejabat yang bakal dilantik, hal ini menjadi kewenangan mutlak Bupati Luwu.

“Memang benar, seperti yang diungkapkan Bapak Bupati Luwu pada sidang paripurna di DPRD Luwu tanggal 29 Desember lalu, dimana Bapak Bupati Luwu menegaskan akan dilakukan pelantikan pejabat berdasarkan OPD baru pada awal Januari 2017. Tetapi menyangkut kepastian waktu dan siapa pejabat yang akan dilantik dalam jabatan OPD baru tentu menjadi kewenangan mutlak beliau,” ungkap H Sulaiman.

Pelantikan pejabat dilingkup Pemkab Luwu yang akan digelar pekan ini diprediksi bakal diisi beberapa pejabat yang statusnya ‘naik kelas’ dari pejabat eselon III menjadi pejabat eselon II, menyusul banyaknya pejabat yang purna bakti dan meninggalkan jabatan eselon II.

Beberapa pejabat lingkup Pemkab Luwu yang telah pensiun diantaranya Asisten II Yusuf Romon SH, MH, Kepala Dinas Koperindag Luwu Suaib Ramatang SH, M.Si, Kepala Dinas Sosial Andi Rivai SE, Sekretaris DPRD Luwu Drs Muhammad Syam, Kepala Dinas Dikpora Luwu Drs HA Pahri MM, dan H Basir S.Sos, MP.

Jika melihat komposisi OPD yang baru sebanyak 34 dinas/badan, dan dengan komposisi pejabat eselon II lingkup Pemkab Luwu yang menduduki jabatan eselon II sebanyak 26 orang pejabat, maka Bupati Luwu HA Mudzakkar untuk mengisi pejabat eselon II pada 34 dinas/badan tersebut, akan dibutuhkan tambahan delapan pejabat baru yang diambil dari pejabat eselon III.

Lantas siapakah pejabat baru dilingkup Pemkab Luwu yang dinilai layak untuk ‘naik kelas’ menduduki jabatan kepala dinas/badan pada OPD yang baru? Tentunya yang memenuhi syarat kepangkatan. Beberapa diantaranya yang sudah memenuhi syarat dari sisi kepangkatan adalah sejumlah camat yang memang sudah cukup lama menduduki jabatan tersebut, disamping itu pula terdapat beberapa pejabat eselon III dilingkup SKPD.

Informasi yang dihimpun Harian Palopo Pos menyebutkan, beberapa camat yang sudah memenuhi syarat dan dinilai layak menduduki jabatan eselon II diantaranya, Drs Rahman (Camat Ponrang Selatan), Tandiraja SP, M.Si (Camat Bua), Johan Daido (Camat Belopa), Andi Baso Tenriesa (Camat Belopa Utara), Nasir Gamang (Camat Kamanre), Arsul Hayam (Camat Lamasi), Rahman Mandaria (Camat Ponrang) dan Irwan Ikbal (Camat Bajo Barat).

“Para camat diatas baik secara administratif kepangkatan maupun pengalaman sudah teruji di lapangan dan beberapa diantaranya sudah cukup lama menduduki jabatan Camat. Tentu tidak ada salahnya Bupati Luwu HA Mudzakkar mempertimbangkan mereka untuk naik kelas,” ungkap Ketua Forum Bersama Wija To Luwu (FBWL) Syamsul Tokambesse.

Adapun 34 jabatan yang bakal diisi dalam pekan ini diantaranya, Dinas PU & Penataan Ruang, Dinas Perumahan & Kawasan Permukiman, Dinas Pertanahan, Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian, Dinas Perhubungan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas PM dan PTSP, Dinas Damkar dan Penyelamatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Dinas Sosial, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan.

Kemudian, Dinas Administrtasi Kependudukan & Capil, Dinas Pengendalian Penduduk & KB, Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemuda & Olahraga, Dinas Pariwisata, Badan Pendapatan Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Badan Perencanaan dan Litbang, Badan Kesbangpol, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Badan Kepegawaian dan Arsip Daerah, Inspektorat, RSUD Batara Guru, Satpol PP dan Sekretariat DPRD Luwu.(and/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top