Wisatawan Asal Pulau Jawa Sebut OW Burake ‘Jorok’ – FAJAR sulsel
News

Wisatawan Asal Pulau Jawa Sebut OW Burake ‘Jorok’

*Pemda Diminta Jaga Kebersihannya

MAKALE—Mulai masuk Desember 2016, hingga memasuki tahun baru 2017, sejumlah obyek wisata padat pegujungnya, salah satunya adalah Obyek Wisata (OW) religi di Patung Yesus Kristus di Burake.

Pantauan Palopo Pos Minggu, 1 Januari, nampak pengunjung membludak dan begitu antusias menuju puncak patung tersebut.

Meski napas tersengal-sengal menapaki anak tangga menuju puncak, namun raut wajahnya berseri-seri setiba diatas dan sudah tidak sabar mengambil foto untuk diabadikan di lokasi tersebut. Selain patungnya yang menarik juga didukung dengan panorama sekelilingnya yang indah dan terpesona.

Sayang dibalik keindahan di puncak Patung Kristus banyak pengunjung mengkritisi kondisi kebersihannya dimana banyak sampah dari botol minuman, bungkus makanan yang beserakan dan terkesan dibiarkan.

“Obyek wisat Burake ini sangat menarik dan banyak pengunjungnya, tapi kok kebersihannya gak dijaga? Harusnya dong dijaga kebersihannya, kalau seperti ini terkesan jorok,” kata Wiwik yang mengaku dari Pulau Jawa.
Wiwik saat itu, mungkin karena keprihatinannya, sehingga menunjukkan beberapa model sampah yang berserakan.

“Lihat tuh botol-botol terselip di rongnga-rongga batu, gak enak kan ngelihatnya dan menganggu pandangan?,”sorot Wiwik lagi.
Karena kondisi tersebut, meski Wiwik orang dari luar, tapi penuh perhatian, sehingga memberi solusi bagi pemerintah daerah.

Yang katanya, obyek wisata burake itu sudah terkenal di luar, jadi pemerintah harus menjaga dan memelihara dengan baik agar selalu meninggalkan kesan yang nyaman bagi semua pengunjung.

“Khusus untuk kebersihan ya, pemerintah daerah menugaskan khusus petugas kebersihan disini, sehingga setiap harinya tetap bersih,” pesan Wiwik pada Pemda.

Sekadar diketahui, pembangunan infrasrtuktur jalan menuju ke obyek Burake ini, meski belum memadai secara keseluruhan, tapi akses menuju puncak obyek sudah dapat dijangkau oleh kendaraan roda dua maupun empat.

“Dan para pengunjung, rata-rata berharap dan berdoa, “Semoga tahun depan akses jalan sudah bagus dan tidak berdebu lagi,”harap Vero dengan temannya yang berasal dari Makassar.(mg5/ded)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top