2017, Pajak Kendaraan Bermotor Naik – FAJAR sulsel
News

2017, Pajak Kendaraan Bermotor Naik

MAJENE,UPEKS.co.id — Terhitung 6 Januari 2017, tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) naik. Hal tersebut diberlakukan berdasarkan Peraturan Pemerintahan PP No. 60 Tahun 2016 tentang PNBP di lingkungan Polri. Kasat Lantas Polres Majene, AKP Douglas HA Tuhuleruw menjelaskan, dengan ditetapkannya PP itu, biaya penerbitan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) turut berubah.

Mengacu aturan lama (PP No.50/2010), pengurusan BPKB baik baru maupun ganti pemilik untuk kendaraan roda dua hanya Rp 80.000. Namun dengan peraturan baru, tarif Rp 225.000 per pengajuan. “Sebelum diberlakukan tarif yang baru ini, kami dari Satlantas Polres Majene sudah sosialisasi di beberapa tempat. Tujuannya agar masyarakat lebih awal mengetahui kenaikan tarif pajak kendaraan bermotor,” ujar AKP Douglas, didampingi Kanit Regident Iptu Muhammad Nur, Selasa, (3/1).

Douglas juga mengatakan, hal sama juga terjadi pada kendaran roda empat. Awalnya hanya Rp100.000 akan naik Rp 375.000. Tarif baru ini berlaku sama, baik untuk yang mengajukan BPKB baru maupun ganti nama. Selain itu, tarif pajak untuk penerbitan surat mutasi kendaraan ke luar daerah juga mengalami kenaikan. “Untuk kendaraan roda dua atau roda tiga dari Rp 75 ribu naik jadi Rp150 ribu. Demikian juga untuk roda empat atau lebih dari Rp75 ribu menjadi Rp250 ribu,” terangnya.

Penetapan tarif baru dalam PP 60 No. 60 tahun 2016 kata AKP Douglas tidak hanya berlaku untuk penerbitan BPKB, PP tersebut menggantikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2010. “Poin terpenting dalam PP ini adalah kenaikan tarif untuk pengurusan surat-surat kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia secara nasional,”pungkasnya. (ali/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top