Kocok Ulang Pejabat Eselon Pangkep, Ini “Balas Jasa” atau Intervensi? – FAJAR sulsel
News

Kocok Ulang Pejabat Eselon Pangkep, Ini “Balas Jasa” atau Intervensi?

PANGKEP, UPEKS.co.id – Seratusan pejabat eselon III dan IV dikukuhkan bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid di ruang pola kantor bupati, malam tadi sekitar pukul 22.00.

Pelantikan sempat tertunda beberapa kali karena beberapa faktor, di antaranya karena cuaca hujan yang mengguyur daerah itu.

Rencana awal, sesuai undangan yang beredar, pelantikan direncanakan berlangsung di halaman rumah jabatan bupati.
Semua persiapan, termasuk tenda dan kursi sudah terpasang. Tapi, cuaca tak memungkinkan untuk dilaksanakan pelantikan.

“Kita harus laksanakan malam ini dan tidak bisa ditunda,” kata Bupati Syamsuddin.

Penundaan dari jadwal semula bukan hanya faktor cuaca, tapi juga karena banyaknya intervensi ke Badan Kepegawaian Daerah untuk dilakukan kocok ulang.

Ada beberapa calon pejabat yang memenuhi syarat kepangkatan untuk menduduki sebuah jabatan harus “diparkir” karena persoalan pilihan di pilkada lalu.

Sebaliknya, ada pejabat yang tidak memenuhi kapasitas justru menjabat sebuah posisi eselon karena balas jasa.

Bahkan, sejak pagi sejumlah pejabat dan non pejabat yang tidak punya kewenangan dalam proses pengisian jabatan eselon tampak bergantian masuk di ruang kepala BKD Pangkep.

“Entalah, kita juga tidak tahu karena ada malah sama sekali bukan pegawai apalagi baperjakat justru “mengocok” sejumlah posisi dalam eselon III dan IV yang dikukuhkan malam tadi.

“Ini bisa berakibat fatal dan organisasi organisasi di Pemkab Pangkep bisa berjalan mundur,” ujar seorang sumber di BKD Pangkep.

Pada pelantikan ini, beberapa plt eselon II untuk beberapa SKPD juga dikukuhkan malam ini, sambil menunggu pejabat tetap pada lelang jabatan nanti. Mereka di antaranya Kadis Pendidikan, Kadis Sosial, Kepala BNPB, serta beberapa SKPD lainnya.

Syamsuddin mengaku sudah menyurvei para calon pejabat yang akan dilantik agar betul-betul serius mengisi jabatan tersebut.

“Saya inginkan kalian kerja nyata sesuai visi misi di periode saya, ini amanah dan kalian harus tanggung jawab diberi jabatan,” ujar Syamsuddin kepada pejabat yang baru dilantik.

Syamsuddin menambahkan, hal yang paling penting dalam menjalankan tugas adalah kejujuran dan sikap ramah kepada masyarakat. (sg)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top