‘Ma’Pasilaga Tedong Comunity’ Resmi Terbentuk – FAJAR sulsel
News

‘Ma’Pasilaga Tedong Comunity’ Resmi Terbentuk

BERKAITAN-MTC

MAKALE—Organisasi Ma’Pasilaga Tedong Comunity (MTC) resmi terbentuk. Peresmiannya sendiri, telah dilaksanakan, di Queen Cafe di Rantepao, Jumat 30 Desember baru-baru ini.

Terpilih sebagai Ketua MTC adalah Tiku Toding Allo.
Organisasi ini beranggotakan orang-orang pencinta dan penggemar Pa’pasilaga Tedong atau yang biasa disebut orang Toraja, adu kerbau. MTC ini sekaligus sebagai pusat informasi terhadap jadwal kegiatan Ma’pa silaga Tedong.

Dalam pertemuan sekaligus pembentukan organisasi tersebut, digagas oleh Owner MTC Queen Evelin Datu, sekaligus dijadikan tempat untuk pertemuan dari anggota pecinta dan penggemar adu kerbau.

MTC ini diresmikan oleh Hendrik Tangke Allo, yang juga ketua DPRD Depok, Jawa Barat. Saat itu, Hendrik menyebutkan bahwa, MTC yang sudah terbentuk dan jelas struktur kepengurusannya diharapkan ikut berperan aktif dalam pelestarian budaya Toraja.

Toraja, selain alam yang memiliki keindahan, juga memiliki berbagai ragam budaya yang menarik dan unik, yang perlu dilestarikan, dan salah satunya adalah ma’pasilaga tedong.

Menurutnya budaya ma’pasilaga tedong ini merupakan warisan budaya yang harusnya dipertahankan, tetap dijaga dan mempertahankan makna sesungguhnya dari budaya tersebut.

Untuk itu sebut Hendrik, dalam pelestarian budaya ma’pasilaga tedong ini, dalam pelaksanaan kegiatannya jangan sampai menyimpang dari makna yang sebenarnya dan melanggar hukum.

“Ma’pasilaga Tedong adalah warisan budaya leluhur kita dan merupakan salah satu budaya perekat untuk mempersatukan antara pro dan kontra bagi kita orang Toraja. Mari kita lestarikan budaya ma’pasilaga tedong ini dengan benar sesuai dengan koridor yang ada dan tidak bertentangan dengan hukum,” pesan Hendrik.

Diantara yang hadir dalam peresmian MCT ini, wakil bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara ,Ketua KPU Tana Toraja Rizal Randa,Ketua DPRD Toraja Utara Stefanus mangatta,Pengusaha muda dan Ketua IKAT Balikpapan Dedy Palimbong ditambah dengan para undangan yang jumlahnya kurang lebih 200 orang.(mg5/ded)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top