Pemprov Maunya Jadi Jalan Nasional – FAJAR sulsel
News

Pemprov Maunya Jadi Jalan Nasional

* Jalan dari Labokke Tembus Torut

PALOPO — Jalan dari Labokke tembus Toraja Utara (Torut) sudah masuk jalan provinsi. Telah ditetapkan Pemerintah Provinsi Sulsel. Anggarannya sudah masuk di APBD TA 2017 sebesar Rp2 miliar. Tidak puas dengan ini, pemerintah dan DPRD Sulsel rencana usulkan ke pusat. Maunya jadi jalan nasional.

Hal itu mendapat respon dari Bahrum Daido, anggota DPR RI asal Luwu Raya. ”Biar pusat bisa masuk melakukan perencanaan pembangunan. Makanya, harus diusul jadi jalan nasional,” ujar legislator asal Partai Demokrat.

Saat ini, kata dia, karena berstatus sebagai jalan provinsi, maka yang berwenang untuk melakukan perencanaan dan pengangaran adalah Pemprov Sulsel bersama DPRD Sulsel. ”Kalau sudah jalan nasional baru kewenangan pusat dan DPR RI,” tandas wakil rakyat yang duduk di komisi membidangi pembangunan infrastruktur, Selasa 3 Januari 2017.

Kalau infrastruktur berupa jalan ini terealisasi, Toraja Utara sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Sulsel dan dunia, makin lengkap. Orang yang mau ke Toraja bisa lewat bandara Bua. Dari bandara Bua langsung menuju Toraja Utara. Dari segi efisiensi waktu, lebih cepat lewat Labokke ke Torut.

Seperti diketahui, untuk menuju Toraja kita bisa melalui jalur dari Enrekang dan Palopo. Tetapi, kalau ada akses jalan ini, maka rutenya bisa diperpendek.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, telah menganggarkan Rp2 miliar untuk pembangunan jalan dari Labokke (Kecamatan Bua) tembus Kete Ke’su, Torut.

“Memang sedikit sekali dianggarkan, tetapi kita tetap bersyukur, sedikit demi sedikit kita bangun,” ujar Hafid Pasiangan, kepada Palopo Pos.

Anggota DPRD Sulsel asal PPP, mengatakan, Gubernur SYL maunya jalan Labokke tembus Torut jadi jalan nasional. ”Mudah-mudahan usulan tersebut dapat direalisasikan 2017 ini,” sebutnya.

Dengan adanya akses jalan ini, kata Hafid maka akan lebih mendorong peningkatan perekonomian disepanjang jalan. Mulai dari Labokke ke Bastem lebih mudah dan cepat serta ke Torut.(idr/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top