Tiongkok Paling Siap Pasok Wisatawan ke Sulsel – FAJAR sulsel
News

Tiongkok Paling Siap Pasok Wisatawan ke Sulsel

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menilai kunjungan wisatawan manca negara (Wisman) asal Tiongkok anjlok. Setelah sempat meroket Oktober 2016 mencapai 1.077 orang, kini penyumbang devisa kepada negara anjlok ke angka 440 orang.

Penurunannya mencapai 637 orang. Meski demikian pelaku usaha pariwisata menganggap Tiongkok paling siap memasok wisatawan ke Sulsel. Itu terkait pembebasan visa. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, Nursam Salam, mengatakan, wisman asal Malaysia, Tiongkok, India, Singapura dan Jerman memiliki kunjungan terbesar ke Sulsel selama 2016.

Khusus wisawatan asal Tiongkok, kata Nursam, jumlahnya mencapai 1.587 hanya dalam dua bulan, Oktober hingga November 2016 “Sulsel memiliki segalanya untuk menjadi Destinasi pariwisata utama di Indonesia, saatnya kita semua untuk peduli agar potensinya semakin meningkat,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua ASITA Sulsel, Didi Leonardo Manaba, mengatakan optimisme sektor pariwisata tetap menjadi lahan bisnis menggiurkan. Untuk meningkatkan tingkat kunjungan pihaknya mengeluarkan beberapa program diantaranya membuka destinasi baru. “Kami akan melaunching di 2017 ini beberapa program yang mendukung Explore Sulsel, Makassar Beyond, Bira beyond (2016) toraja beyond (2017) dan membuka banyak destinasi baru seperti di Enrekang cekong hills, dan toraja,” ucapnya, Rabu (4/1/17).

Dia menyebutkan, sepanjang 2016 pihaknya melihat peningkatan kunjungan baik domestik dan international ke kota Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar. Kunjungan tersebut melalui beberapa pintu secara langsung bukan hanya dari pintu utama Makassar. Untuk negara asalnya Didi menyebutkan Negara Malaysia, Tiongkok dan Timur Tengah dinilai paling siap memasok wisatawannya ke Sulsel.

Potensi ini akan dioptimalkan pasarnya tahun ini. Potensi pasar Tiongkok terbuka lebar sejak adanya penerbangan langsung ke negeri Panda tersebut. Menurutnya, ASITA akan melakukan kerjasama dengan maskapai penerbangan untuk mengoptimalkan kunjungan wisatawan ke Sulsel. Selain itu, kata Didi, pemerintah dan Asita Sulsel telah berupaya melakukan promosi ke Tiongkok. “Untuk memacu kunjungan ke Sulsel, akan banyak even yang di gelar pada 2017,” ujarnya.

Pada 2016 lalu, kata Didi, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) mencapai 300 ribu orang. Untuk domestik sendiri paling banyak yang berkunjung ke Makassar itu ada dari Jawa barat, NTB dan Kalimantan. Saat ini pihaknya berfokus juga pada daerah timur tengah. “Sudah ada dua maskapai yang terbang langsung dari Makassar ke Timur Tengah, harus kita manfaatkan itu,” bebernya.

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top