Unismuh Siapkan Rp7 M Dana Penelitian – FAJAR sulsel
News

Unismuh Siapkan Rp7 M Dana Penelitian

Unismuh-Siapkan-Rp7-M-Dana-Penelitian

Tingkatkan Kualitas Dosen

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam bidang riset tim pengajar, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar terus berbenah. Unismuh pun menyiapkan dana penelitian dan pengabdian masyarakat sebesar Rp7 miliar pada tahun 2017 ini.

“Secara keseluruhan anggaran yang kami siapkan Rp7 miliar. Dimana Rp5 miliar berasal dari pemerintah dan dana internal sebesar Rp2 miliar,” ungkap Dr. Ir. Abubakar Idham, MP, Ketua LP3M Unismuh Makassar. Kemudian Abubakar menambahkan bahwa jumlah dosen yang ada di Unismuh sebanyak 605 orang.

Sedangkan yang aktif meneliti hanya sekitar 100 orang. Namun pada dasarnya, sambung Abubakar, seharusnya setiap dosen menghasilkan penelitian sebanyak dua dalam satu tahun. Sehingga target dalam satu tahun berhasil mengumpulkan sekitar 1.200 penelitian.

“Dari sekian penelitian yang telah dilakukan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) telah banyak menorehkan hasil penelitian. Disusul Ilmu Pertanian, Sospol, Teknik, Ekonomi, Pascasarjana, Fakultas Agama, dan Fakultas Kedokteran,” tuturnya, kemarin.

Rektor Unismuh Makassar, Dr. Abdul Rahman Rahim Rektor menambahkan bahwa penelitian tersebut mutlak dilaksanakan. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas para dosen serta menggenjot akreditasi. “Hasil penelitian dan pengabdian masyarakat menjadi syarat dalam meningkatkan akreditasi.

Baik itu akreditasi jurusan maupun akreditasi institusi,” tandasnya. Selain itu, Rahman Rahim mengutarakan Unismuh saat ini telah membina tujuh fakultas dan 36 ribu mahasiswa. “Untuk menyeimbangkan jumlah dosen dengan mahasiswa, kita terus mendorong dan memacu dosen mereka melakukan riset,” pungkasnya. (mg05/mah)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top