119.000 Warga tak Perpanjang BPJS – FAJAR sulsel
News

119.000 Warga tak Perpanjang BPJS

10.9-foto-adnan-2

Berobat, Perlihatkan KTP

SUNGGUMINASA,UPEKS.co.id — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menjelaskan, 119.000 warga peserta BPJS Kesehatan, kreteria Penerima Bantuan Iuran (PBI) keluar dari integrasi atau tidak diperpanjang lagi sebagai peserta alias telah dinonaktifkan.

Selanjutnya Pemkab akan berdiri sendiri menerapkan program pendidikan gratis yang telah berjalan sejak 2009 lalu, kata bupati saat conference pers di Baruga Kr Pattingaloang, Rabu (4/1). Adnan mengatakan, alasan pemkab menggugat BPJS kesehatan untuk keluar dari integrasi, karena efisiensi anggaran dan penerapan pelayanan dengan melihat plus minusnya.

Dikatakannya, sistem BPJS kesehatan yang selama ini berjalan di Gowa banyak kekurangan. Untuk itu, Gowa, sejak 1 Januari 2017 tidak berlakukan lagi pelayanan BPJS kesehatan atau telah keluar dari Integrasi 119.000 jiwa warga yang termasuk kreteria penerima Bantuan Iuran (PBI) terdata sebagai peserta.

Tidak diikutserakannnya lagi warga itu sesuai aturan yang sepakati BPJS kesehatan. Masa untuk memperpanjang integrasi dapat dilakukan setahun sesuai kesepakatan yang ditandangani penjabat Bupati Gowa yang lalu, Sidik Salam. “Terahitung 1 Januari 2017, pemda Gowa tidak lagi mengikutsertakan 119.000 warga kurang mampu peserta BPJS Kesehatan.

Jadi kita kembali mandiri laksanakan program kesehatan gratis yang berjalan sejak 2009 lalu,” jelas Adnan. Penerapan program kesehatan gratis akan lebih baik dan mudah untuk memberikan pelayanan yang ingin berobat dan rawat inap dan juga lebih mengefisienkan APBD. Warga yang ingin berobat cukup memperlihatkan KTP atau KK.

Selanjutnya akan dilayani Puskesmas maupun Rumah Sakit (RS). Untuk pasien rujukan, disiapkan RS Labuang Baji dan RS Haji, bahkan RS Wahidin juga rencana jadi rujukan. Ditambahkannya, berkas gugatan Pemda terhadap BPJS Kesehatan telah diterima MK untuk disidangkan.

Saat ini, penduduk Gowa kurang lebih 748.000 jiwa terdaftar dalam peserta BPJS Kesehatan. Kriterianya, PBI atau masyarakat kurang mampu, Pekerja Penerima Upah (PPU) yakni PNS, TNI, Polri dan swasta, Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang masuk klasifikasi mandiri, serta Integrasi. (sof/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top