2016, Koperindag Cetak 150 UKM – FAJAR sulsel
News

2016, Koperindag Cetak 150 UKM

*Harapkan Tahun Ini Lebih Banyak Lagi

PALOPO—Sepanjang 2016 Dinas Koperindag Kota Palopo telah mencetak 150 Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Tahun 2017 ini diharapkan bisa lahir entrepreneur muda agar tercipta banyak lapangan kerja.

Assar Bawanan SE.,M.Si, Kepala Bidan Koperasi dan UMKM, Kamis 5 Januari 2016 mengatakan telah banyak upaya yang dilakukan untuk menumbuhkembangkan wirausahawan baru di Kota Palopo. Demikian halnya dengan upaya memfasilitasi para UMKM agar tetap eksis. Seperti di tahun 2016 lalu, Perusahaan Tonasa memberikan Rp10 juta modal usaha. Di tambah lagi, di akhir tahun ini Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan memberikan bantuan tunai Rp10 juta untuk kelompok usaha.

Diungkapkannya Pemerintah Daerah melalui Diskoperindag berkewajiban memfasilitasi para pelaku UKM untuk membuka akses dengan kalangan Perbankan dan Pengusaha besar dan BUMN maupun BUMD agar terbangun temu kemitraan. “Kami selalu berupaya agar UMKM ini bisa tumbuh dan bertahan. Itu juga yang akan memicu kalangan muda lainnya untuk berwirausaha,” ujar Assar.

Karna memang, sasaran utama terbentuknya UKM tersebut adalah lahirnya enterpreneur muda serta tumbuhnya wirausaha muda diberbagai sektor. “Karna UMKM diyakini mampu memberikan kontribusi terhadap terbukanya lapangan kerja baru dan perekonomian daerah bisa lebih baik,” katanya.

Sampai saat ini, usaha kelompok dan individu bentukan Koperindag telah berhasil mencetak berbagai macam produk UKM seperti makanan khas Palopo yang disajikan dengan bungkusan modern, kerajinan tangan, sablon baju dan masih banyak lagi. Dan ada juga salah satu wirausaha muda asal Palopo mengikuti peltaihan di Jogjakarta dalam pengembangan kerajinan tempurung kelapa,” jelasnya.

Di tahun 2017 ini pihaknya berharap semakin banyak lagi kalangan muda memunculkan ide kreatif dan mengembangkan usaha mereka melalui UMKM. “Seperti Kata Pak Wali Kota, Siapa mau Bekerja Apa,” Tandas Assar. (mg3/ald)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top