Harga Cabai Rp100 Ribu Perkilogram – FAJAR sulsel
News

Harga Cabai Rp100 Ribu Perkilogram

cabee

PALOPO—Salah satu harga bahan pangan pokok masyarakat yaitu cabe rawit kembali meroket. Harga cabe rawit naik hampir 50 persen dari harga semula.

Berdasarkan pantauan Palopo Pos, Kamis 5 Januari 2016 harga cabai di PNP saat ini naik dua kali lipat. Kenaikan tersebut mencapai Rp100 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya harga perkilogram hanya Rp60 ribu hingga Rp70 ribu.

Saripati, salah seorang pedagang PNP saat diwawancara mengatakan naiknya harga cabai ini terjadi mulai hari Selasa 3 Januari lalu. “Spontanitas harga cabe naik dihari itu. Stoknya pun berkurang,” ungkapnya. Menurutnya, kenaikan harga cabe rawit kali ini yang terparah karena di tahun-tahun sebelumnya hanya naik di kisaran Rp80 ribu per kilogram meski kondisi cuaca tidak baik.

“Cabai biasanya saya beli di pelataran PNP. Itu dipasok dari Kabupaten Enrekang. Tapi kali ini cabai dari daerah tersebut benar-benar sulit di didapat,” ungkapnya. Ia mendapatkan harga Rp90 ribu per kilogram dari pemasok yang merupakan ‘tangan kedua’. Menurutnya kondisi ini lantaran daerah enrekang yang menjadi sumber cabe ini mengalami gagal panen.

Sementara itu Harga kebutuhan lainnya yakni telur ayam ras yang mengalami kenaikan pada Desember lalu belum beranjak turun juga dari harga normalnya Rp35 hingga Rp38 ribu per rak. “Kami masih jual menjadi 42-45 ribu per rak.

Begitu juga dengan telur bebek dari harga normalnya Rp40 ribu-Rp45 ribu saat ini masih dengan harga Rp55 ribu-Rp60 ribu,” kata salah seorang pedagang. Demikian halnya dengan harga kebutuhan masyarakat seperti bumbu dapur pasca Natal dan Tahun Baru masih stabil.

“Bawang merah dan putih masih seperti bulan lalu,” kata Risma, Pedagang di PNP Palopo. Ia merinci harga bawang merah Rp40 ribu, bawang putih Rp37 ribu.(mg3/ald)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top