Pemilih Makassar Penentu di Pilgub – FAJAR sulsel
News

Pemilih Makassar Penentu di Pilgub

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus menyatakan pertarungan Pilgub sebenarnya berada di Kota Makassar. Itu karena jumlah pemilih di Makassar menembus angka satu juta lebih. Menurut Nurmal, siapa pun calon gubernur Sulsel yang mampu meraih 60% suara, maka bisa dipastikan dia lah pemenang Pilgub.

“Ingat di Pilgub Sulsel 2013, Ilham Arief Sirajuddin kalah karena hanya menang tipis di Makassar. Padahal harapan besar ada di pemilih Makassar,” terang Nurmal, kemarin. Apalagi, sambung Nurmal, jika Pilgub Sulsel 2018 terjadi head to head antara Ichsan Yasin Limpo dan Nurdin Halid, tentu Makassar sangat rawan. Pasalnya, basis keduanya sudah jelas di daerah lain. Dimana, Ichsan Yasin Limpo masih memungkinkan mendominasi di daerah Selatan, khususnya Kabupaten Gowa.

Termasuk di Tana Toraja dan Toraja Utara. Adapun Nurdin Halid bisa dipastikan mengamankan basisnya di Kabupaten Bone, Soppeng, dan Wajo. Jika berpasangan dengan Abdul Aziz Qahhar, maka bakal mendominasi wilayah Luwu Raya. Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Presiden 2014 lalu, total pemilih dari 24 kabupaten dan kota di Sulsel berjumlah 6.323.711 pemilih yang tersebar di 16.757 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Jumlah ini naik kurang lebih 50 ribuan pemilih dari DPT Pileg April lalu. Kota Makassar adalah penyumbang pemilih terbanyak, yakni 1.005.446 pemilih, kemudian Kabupaten Bone 559.723 pemilih, Gowa 509.002 pemilih. Adapun Kabupaten Soppeng 182.693 pemilih dan Wajo 320.868 pemilih. (mah)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top