Satlantas – Regident Sosialisasi Pajak Ranmor – FAJAR sulsel
News

Satlantas – Regident Sosialisasi Pajak Ranmor

6.1-foto-enrekang-sosialisasi

Hari Ini Resmi Berlaku

ENREKANG,UPEKS.co.id — Satlantas Polres Enrekang kerjasama Samsat Enrekang, Kamis (5/1) Sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 pengganti PP nomor 50 tahun 2010 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang resmi berlaku, Jumat (6/1/17) di kantor Samsat dan beberapa tempat seperti di Puskesmas Kota dan Kantor Bupati Enrekang.

Sosialisasi bertujuan menginformasikan wajib pajak kendaraan bermotor agar mengetahui tarif PNBP yang baru dan mulai, Jumat hari ini diberlakukan. Kanit Regident, Iptu Rusdi Yunus,SH menjelaskan, penyampaian akan terus dilakukan sebagai proses pembelajaran kepada masyarakat luas tentang aturan pajak yang berlaku. Sosialisasi dimaksud bisa melalui kunjungan pada instansi – instansi, tatap muka, berbentuk spanduk dan penyampaian melalui media cetak, online dan elektronik.

Rusdi Yunus menambahkan, sejak 3 – 5 Januari 2017 terjadi lonjakan pengunjung di Samsat 232. Itu terjadi, karena 1 dan 2 Januari libur tahun baru, bukan karena ada aturan baru yang akan diberlakukan. Sementara itu, Kasat Lantas, AKP Mustari, SH mengatakan, intensitas pihaknya melakulan sosialisasi tentang PP pendapatan Negara bukan Pajak ini sangat penting diketahui publik agar mereka lebih mengetahuinya.

Selain itu PP 60 ini sangat menguntungkan Negara karena termasuk sumber PAD yang sangat besar ada dipajak kendaraan bermotor. Selain tarif pengurusan uang berubah naik, juga ada aturan lain yang harus dipenuhi para wajib pajak, seperti KTP, STNK dan BPKB yang akan disertakan dalam pengurusan harus dokumen asli. Amal, salah satu pemohon dari Kotu Kecamatan Anggeraja menilai, aturan baru itu sangat memberatkan karena membebankan pajak lebih tinggi lagi kepada masyarakat. (sry/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top