Hadirkan Pemerintahan yang Damai dan Jaga Rasa Toleran – FAJAR sulsel
News

Hadirkan Pemerintahan yang Damai dan Jaga Rasa Toleran

foto-1-1

* Harapan Warga Tionghoa-Palopo di Tahun Ayam Api

MENURUT penanggalan kalender lunar (kalender bulan), tahun Ayam Api 2568 Imlek akan dimulai 28 Januari 2017 hingga 15 Februari 2018. Elemen Api (yin) menjadi unsur dominan yang menunjukkan kehangatan serta ketenangan batin di dalam menjalin hubungan antar pribadi dan keluarga. Di tahun ini, diyakini pula menjanjikan dunia usaha. Nah, ini akan lebih lengkap kalau pimpinan menghadirkan pemerintahan yang damai. Kemudian rasa toleran tetap terjaga.

Di Palopo, warga keturunan Tionghoa yang bernaung di bawah Yayasan Budi Bhakti yang dipimpin Benny Wijaya merasakan betul kiprah pemerintahan yang menghadirkan kedamaian dan menjaga rasa tolera yang tinggi. Ratusan warga keturunan merasakan kehidupan yang rukun dan damai. Tidak ada sekat-sekat. Kebhinekaan terjaga dengan baik.

”Kalau daerah lain seperti Jakarta panas karena ulah satu orang, maka kehidupan berbangsa di Palopo terjalin dengan baik,” ujar Benny Wijaya, ketua Yayasan Budi Bhakti Palopo, kepada Palopo Pos, Selasa 10 Januari 2017, kemarin.

Benny sendiri lahir dan besar di Kota Palopo. Ia lahir tanggal 10 November 1955. Makanya, ia tahu dan paham betul karakter masyarakat kota idaman. ”Kami di Palopo hidup rukun dan damai. Palopo adalah tanah kelahiran kami,” ucap bapak empat orang anak ini.

Di awal sudah disinggung harapan di 2017. ”Semoga kehidupan di 2017 lebih bagus lagi. Pemerintahan yang sudah damai, perlu ditingkatkan lagi,” papar suami Inneke Wilyana, lagi.

Salah satu yang jadi perhatian Benny Wijaya adalah aksi begal. Kata dia, di tahun 2017, jangan lagi ada begal. Biar masyarakat tidak was-was dalam berusaha. Karena tahun ini, kata Benny, sangat identik dengan keberuntungan.

Kata bapak dari Sandi Wihaya, Kelvin Wihaya, Venisya Wijaya, dan Arnol Wijaya, dalam tahun Ayam Api beberapa bentuk investasi akan menunjukkan trend yang positif.

”Tapi, kalau saya melihat tergantung dari ketekunan. Adapun kalau mau buka usaha lainnya, boleh saja. Kalau memang dirasa berhasil, kenapa tidak digeluti. Karena tahun ayam api siap memberi keberuntungan,” papar penghobby bulu tangkis ini.

Kata dia, tahun tahun ayam api mengajarkan tentang ketertiban, pengawasan, dan perencanaan strategis. Oleh sebab itu, ada baiknya mengambil langkah diplomasi yang tepat jika ingin meraih kesuksesan dalam bisnis di tahun 2017.

Ayam adalah makhluk pertama yang bangun dan berkokok di pagi hari. Mereka akan sangat menekankan ketepatan dalam waktu dan sangat fokus. Dalam pekerjaan akan sangat mengandalkan pendekatan menyeluruh dan perhatian penuh terhadap detail pekerjaan yang dilakukan. Kualitas yang baik akan menjadi kunci di tahun 2017. Hal ini sangat berkaitan dengan energi chi dari shio Ayam, yang pada dasarnya memiliki unsur elemen logam.

Di tahun ayam api ini, Benny prediksi akan lahir sejumlah pejabat jago di pemerintahan. Begitu juga di dunia politik. ”Semoga pejabat yang muncul sebagai jagoan, baik di politik dan pemerintahan bisa arif dan bijaksana,” papar anak ketujuh dari 12 bersaudara.

Kata dia, Ayam Jantan suka sekali memamerkan kekuasaannya dan banyak masalah bisa datang dari sikap mendominasinya. Tapi, karena dia juga melambangkan administrator yang baik dan pengawas yang teliti, maka gejolak yang ada masih dapat teratasi. Jika tidak teratasi maka akan dapat memicu segala macam bentuk perselisihan.

Mengenai festival cap go meh di Kota Palopo dalam rangka merayakan Imlek, ketua Yayasan Budi Bhakti Palopo, mengatakan kemungkinan sepi tahun ini. ”Di Makassar saja tidak ada aksi barongsai. Kenapa? Itu karena situasi Jakarta ikut memengaruhi ke daerah, termasuk ke Palopo. Jadi kemungkinan tidak ada perayaan yang berlebihan,” tandasnya.(ary)

BIODATA
NAMA : Benny Wijaya
TTL/Lahir: Palopo, 10 November 1055
Alamat: Palopo
Anak : 1.Sandi Wijaya
2.Kelvin Wijaya
3.Venisya Wijaya
4. Arnol Wijaya
Istri: Inneke Wilyana
Hobby: Bulu Tangkis

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top