Masyarakat Kecil Belum Nikmati Stabilitas Inflasi – FAJAR sulsel
News

Masyarakat Kecil Belum Nikmati Stabilitas Inflasi

MAKASSAR, UPEKS.co.id — BI mencatat, pada Desember 2016, inflasi Sulsel rendah dan stabil, yakni di kisaran 0,30% (mtm), atau secara tahunan 2,94% (yoy). Bahkan, inflasi Sulsel tersebut secara bulanan maupun tahunan lebih rendah dibanding nasional yang tercatat 0,42% (mtm) dan 3,02 (yoy).

Meskipun seperti itu, Kepala Perwakilan BI Sulsel, Wiwiek Sisto Widayat, memperkirakan bahwa kestabilan inflasi tersebut belum dinikmati oleh masyarakat berpendapatan rendah. Karena pendapatannya dipakai untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan dan makanan jadi.

Sementara inflasi pada bahan makanan dan cukup tinggi, yakni 6.36% (yoy). “Sementara makanan dan minuman jadi, rokok dan tembakau capai 3,63% (yoy). Padahal banyak masyarakat berpendapatan rendah pengkonsumsi rokok juga,” ujarnya, pekan lalu. Selain itu, Wiwiek memperkirakan, pada Januari 2017 ini, bisa tembus 0,5% – 0,9% (mtm) sedikit meningkat dari Desember 2016, meskipun secara tahunan diperkirakan lebih rendah, yaitu 2,30% – 2,70% (yoy).

Namun demikian, inflasi Sulsel sampai akhir tahun 2017 diperkirakan masih berada rentang target inflasi 4% sampai kurang lebih 1%. Perkiraan inflasi tersebut didorong oleh pada bulan Januari 2017 diperkirakan masih musim tanam, sehingga pasokan minim dan mendorong kenaikan harga kelompok volatile food. Selain itu, adanya penyesuaian tarif listrik yang dipengaruhi nilai tukar dan harga minyak dunia diperkirakan akan mendorong laju inflasi pada level moderat. (mg3/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top