Pelindo IV Gunakan PMN Rp2 Triliun – FAJAR sulsel
News

Pelindo IV Gunakan PMN Rp2 Triliun

Akan Bangun Sembilan Mega Proyek

MAKASSAR, UPEKS.co.id — PT Pelindo IV berupaya menyelesaikan sembilan proyek pengembangan pelabuhan agar bisa rampung tahun ini. Sembilan proyek tersebut menggunakan anggaran Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp2 triliun.

Kepala Biro Perencanaan dan Strategi Perusahaan PT Pelindo IV, Dwi Rahmat Toto, mengatakan, sembilan proyek PMN tersebut merupakan proyek pengembangan pelabuhan lanjutan dari tahun lalu.

“Kami menggenjot pembangunan proyek tersebut di tahun ini karena di 2016 lalu, kami fokus mengurus izin-izin yang beberapa diantaranya banyak menemui kendala,” kata Toto, Senin (9/1/17) di kantornya. Dia menyebutkan, proyek tersebut berada di Cabang Tarakan, Bitung, Kendari, Ambon, Ternate, Sorong, Jayapura, Manokwari, dan di Cabang Merauke.

Di Kendari, BUMN Kemaritiman membangun Kendari New Port, seiring pembangunan Jembatan Bahteramas yang juga mulai dibangun pemerintah setempat dan membuat kapal-kapal besar sulit bersandar di pelabuhan yang ada. “Di pelabuhan baru Kendari ini, Pelindo IV membangun terminal baru, dermaga, trestle, tempat penumpukan kontainer atau lahan container, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Lalu di Cabang Tarakan, Pelindo IV membangun lahan container. Sedangkan di Ambon, Pelindo IV melakukan reklamasi pantai. Sementara itu, di wilayah Ternate, dilakukan pemindahan dermaga. Sedangkan di Sorong, dengan alokasi dana PMN yang tersedia, BUMN yang mengelola 24 pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) ini melakukan reklamasi pantai dan pembangunan dermaga.

Di Cabang Jayapura, perseroan melakukan pembangunan dan pergantian dermaga serta penambahan alat. Di Manokwari dan Merauke, masing-masing dilakukan penambahan dermaga dan juga alat. Di Pelabuhan Bitung, Pelindo IV melakukan pembangunan dermaga di penghujung 2016 lalu telah dilakukan pemancangan tiang pertama oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno. (edo/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top