Daerah Transmigrasi Butuh Guru dan Layanan Kesehatan – FAJAR sulsel
News

Daerah Transmigrasi Butuh Guru dan Layanan Kesehatan

MASAMBA— Tindak lanjut dari kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) yang dilakukan komisi I DPRD luwu Utara ke kawasan permukiman transmigrasi yang berlokasi di Desa Lantang Tallang, Kecamatan Masamba, beberapa waktu lalu.

Pada Selasa 10 Januari 2017 lalu, Komisi I DPRD Luwu Utara, dipimpin Ketua Komisi, Sudirman Salomba melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan sejumlah kepala SKPD lingkup pemerintah daerah diantaranya kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi, kepala dinas pendidikan dan kepala dinas kesehatan.

Sudirman Salomba, dalam pandangannya dihadapan kepala SKPD terhadap hasil kunker mengatakan, keberadaan transmigrasi Lantang Tallang sejak tahun 2013 sampai hari ini masih menemui beberapa kendala antara lain, pelayanan kesehatan pada warga transmigrasi yang nyaris tidak ada, padahal sudah disediakan fasilitas kesehatan berupa Pustu namun tidak ada tenaga kesehatan yang melayani warga, Tidak ada tenaga guru yang mengajar siswa Sekolah Dasar, akibatnya banyak siswa yang harus pindah sekolah bahkan putus sekolah hanya karena tidak ada guru yang mengajar disana.

Selain itu di UPT tersebut sebut Sudirman juga tidak ada fasilitas sarana air bersih yang mengakibatkan warga kesulitan mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari mereka serta belum terbitnya APL dan HPL dari kementerian Agraria. “Tidak ada alasan bagi pemerintah daerah untuk tidak menyediakan tenaga medis di sana dan tenaga pengajar guru SD di permukiman transmigrasi,” kata Sudirman.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan maupun Kadis Pendidikan berjanji akan memperhatikan kebutuhan masyarakat transmigrasi Lantang Tallang dan segera mengirimkan tenaga kesehatan dan tenaga guru. “Kami akan segera mengirim tenaga kesehatan untuk melakukan pelayanan di Pustu transmigrasi,” janji Kadis Kesehatan Dr. Nasrum. (mah/him)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top