Datu Luwu Anugerahi SYL Gelar Adat – FAJAR sulsel
News

Datu Luwu Anugerahi SYL Gelar Adat

* Diproses Selama Dua Tahun

PALOPO — Penganugerahan gelar adat kepada Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) bakal istimewa. Sebab, penganugerahan oleh Datu Luwu XL, Andi Maradang Mackulau, disaksikan oleh
raja-raja se Nusantara dan juga raja dari luar negeri.

Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau, kepada Palopo Pos, Rabu 11 Januari 2017, kemarin, mengungkapkan keputusan penganugerahan gelar adat kepada Gubernur SYL tak diputuskan satu atau dua hari. Akan tetapi, lanjut datu Luwu, melalui suatu proses yang cukup panjang.

Yakni kurang lebih dua tahun baru ditetapkan oleh Dewan Adat Kedatuan Luwu. ”Jadi melalui proses yang cukup panjang di dewan adat Kedatuan Luwu,” jelas datu Luwu.

Saat ditanya alasan penganugerahan gelar adat tersebut, Datu Luwu yang dikenal ramah dan bijaksana ini menjelaskan, kalau Gubernur SYL telah mendedikasikan sebahagian besar hidupnya bagi bangsa dan negara, khususnya Sulsel, lebih khusus lagi Tana Luwu.

”Karier beliau di pemerintahan dimulai dari lurah, camat, sekda, dan bupati Gowa selama dua kali. Selain itu, wakil gubernur dan gubernur dua periode yang dijalankan semua dengan mulus,” jelasnya.

Datu Luwu menambahkan, pemberian gelar ini semata didasarkan pada prinsip sipakalebbi yang sangat dijunjung tinggi oleh Kedatuan dan Wijanna Luwu, serta bebas dari kepentingan politik berupa apapun. ”Pemberian gelar adat ini bebas dari kepentingan politik manapun,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya kedatangan para raja dan sultan se nusantara dan juga luar negeri sudah diagendakan Dinas Pariwisata Kota Palopo. Dimana agenda kunjungan mereka dimulai sejak tanggal 21 Januari 2017 hingga 24 Januari 2017 mendatang.

Dimana agenda pertama tanggal 20 Januari 2017 pukul 13.00 Wita, sebutnya para raja dan sultan se nusantara dan luar negeri akan dijamu dan bersilaturahmi dengan Wali Kota Palopo di Rumah Jabatan (Rujab) Saokotae Kota Palopo. Pada pukul 19.30, menghadiri pemberian gelar kehormatan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo oleh Datu Luwu XL di Istana Kedatuan Luwu.

Pada tanggal 21 Januari 2017, digelar musyawarah agung raja dan sultan se Nusantara di Hotel Agrowisata, setelah itu visit tour dengan mengunjungi obyek wisata serta tempat-tempat bersejarah di Kota Palopo. Salat ashar berjamaah di Masjid Jami Palopo, dan mengunjungi Labombo.

Keesokan harinya, pada tanggal 22 Januari 2017 raja dan sultan se Nusantara dan luar negeri dibawa tour ke Tana Toraja. Dan pada 23 Januari 2017 menghadiri HPRL dan HJL di Belopa Kabupaten Luwu. Selain itu juga menghadiri peresmian smelter.(rhm/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top