Distan Berdayakan Penangkar Benih – FAJAR sulsel
News

Distan Berdayakan Penangkar Benih

Logo-Kabupaten-Kolaka-Sulawesi-Tenggara

KOLAKA,UPEKS.co.id — Dinas Pertanian (Distan) dan Hortikultura Kab Kolaka, H Laramuli mengungkapka, tahun 2017 berdayakan kelompok tani penangkar benih organik. Tujuannya, agar gabah yang dihasilkan lebih berkualitas sehingga petani tak kesulitan benih.

Kehadiran penangkaran benih di sejumlah kecamatan akan mencapai puluhan hektare, tegas Laramuli yang baru beberapa hari menjabat sebagai Kadistan Hortikultura Kolaka itu. Dikatakannya, selama ini kelompok tani enggan melakukan penangkaran benih, karena hasilnya disamakan harga gabah biasa. Ke depan, akan ada perbedaan harga gabah hasil penangkaran dengan gabah biasa. Benih hasil penangkaran secara teknis butuh penngawasan, khususnya dari Balai Benih.

Petugas penyuluh lapangan serta menggunakan teknologi yang cukup baik. “Dengan adanya benih yang baik, petani bisa memperoleh biibit baik, sehingga apa yang diinginkan Bupati sejahterakan petani dapat terwujud,” kata Laramuli. Begitupun halnya terkait irigasi, pupuk dan benih yang menjadi permasalahan bagi petani setiap menjelang musim tanam. Ke depan, akan diterapkan prioritaskan penggunaan pupuk organik sehingga lebih mudah diperoleh, ujarnya. (pil/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top