Indah: Jangan Lagi Terulang – FAJAR sulsel
News

Indah: Jangan Lagi Terulang

* Kaget Ada WNA Tiongkok Indekos di Masamba

PALOPO — Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani kaget dan merasa kecolongan. Ada warga negara asing asal Tiongkok ngekos di Masamba. Apalagi, luput dari pemantauan aparat pemerinah dan dinas terkait yang mengurusi masalah orang asing.

”Mulai sekarang saya instruksikan kepada pemerintah kecamatan, desa, dan lurah agar aktif memantau warga asing yang masuk ke daerahnya masing-masing. Jangan lagi kasus ini terulang,” tandas Bupati Indah, kepada Palopo Pos, Rabu 11 Januari 2017, kemarin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kantor Imigrasi Kelas III Palopo mengamankan WNA asal Tiongkok ke kantornya, Minggu 8 Januari 2017, lalu. Perempuan bernama Huaying diduga menyalahgunakan aturan kemigrasian. Mereka lolos masuk Palopo rata-rata berkedok sebagai pedagang asesoris. Ia saat diamankan sedang berdagang perhiasan. Seperti cincin, gelang, dan kalung.

WNA ini sudah 19 kali keluar masuk Indonesia. Itu sejak tahun 2012 hingga 2017. Ironisnya, mereka sudah paham betul aktivitas-aktivitas perkantoran di Luwu Raya. Sabtu-Minggu adalah hari libur. Kantor tutup. Makanya, di hari-hari itu WNA ini gelar tikar di PNP.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Palopo, Samuel Toba, menerangkan, WNA ini diduga menyalahgunakan izin yang diberikan. Yang diberikan adalah izin tinggal kunjungan sementara. Namun, yang dijumpai petugas, WNA ini malah jualan di PNP.

Huaying telah dibawa ke kantor Imigrasi Parepare dengan pengawalan khusus. Huaying dideportasi dan namanya masuk dalam daftar cekal. ”Tidak boleh lagi masuk ke Indonesia. Orang seperti ini jelas melanggar keimigrasian. Memang harus kita tindak tegas,” ucapnya.

Menurut bupati Indah, hal ini tidak boleh lagi terjadi untuk kedua kalinya. Jajaran pemerintah pemerintah kecamatan, desa/kelurahan bahkan tingkat RW dan RT untuk memantau keberadaan warga negara asing. ”Jangankan orang asing, orang baru saja masuk kampung, harus ditahu oleh aparat pemerintahan,” ucap bupati perempuan pertama di Sulsel ini.(jun/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top