Pangkep Sentra Garam Nasional – FAJAR sulsel
News

Pangkep Sentra Garam Nasional

PANGKEP,UPEKS.co.id — Pemerintah pusat menjadikan Pangkep sebagai sentra pengembangan garam nasional. Penunjukan itu berkat upaya pemda melalui dinas perikanan membina petani garam agar menghasilkan produksi garam kualitas tinggi.

Kepala bidang pengelolaan ikan Dinas Perikanan Pangkep, Andi Farida menjelaskan, penunjukan itu karena kualitas produksi garam dinilai tinggi.

“Garam kita NaCL-nya mencapai 96%, bisa digunakan untuk kebutuhan industri” kata Andi Farida, rabu (11/1/17). Farida menyebutkan, petani garam Pangkep sejak 2 tahun terakhir menggunakan teknologi geo Isolator untuk memproduksi garam, yakni tekhnik dengan memanfaatkan terpal plastik untuk melapisi meja kristalisasi tanah pada proses pembuatan garam. Saat ini Pangkep memiliki gudang yang siap menampung garam hingga 30.000 ton.

Pemerintah pusat harapkan digudang itu selalu tersedia garam siap pakai,” tambahnya. Tahun 2017 ini pun, pemerintah pusat akan menyalurkan dana sebesar Rp 2,1 miliar untuk membangun pusat uji laboratorium kualitas garam. Saat ini Pangkep punya 1218 petani garam yang tersebar dari 79 kelompok tani, yang saat ini telah mengelola 311 hektar dari 855 hektar lahan garam yang ada, dengan jumlah produksi tahun 2015 mencapai 34.000 Ton. (sah/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top