Warga Tetap Gunakan KTP Lama – FAJAR sulsel
News

Warga Tetap Gunakan KTP Lama

011013_potret_kadis_capil_nielma_palemba_abdy_1

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Pemekaran kecamatan dan kelurahan menambah panjang antrean pengurusan dokumen kependudukan. Warga yang wilayah administratifnya berubah, mengurus kembali dokumen kependudukan. Sejak September lalu, warga yang sudah merekam data kependudukan, belum juga dapat memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Makassar, Nielma Palamba mengatakan, blangko KTP masih kosong. Belum ada KTP yang tercetak. Pengadaan blangko KTP, kata dia, bukan kewenangan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. “Itu kewajiban Pemerintah Pusat,” tuturnya.

Perubahan wilayah administrasi antara lain Kecamatan Ujung Tanah yang dimekarkan dengan pembentukan Kecamatan Sangkarrang. Kecamatan baru ini memiliki 10 kelurahan. Beberapa kelurahan di Kecamatan Tamalanrea dan Biringkanaya juga dimekarkan.

Terkait warga di kecamatan dan kelurahan pemekaran yang ingin mengubah dokumen kependudukan, Nielma menyarankan tetap gunakan kartu identitas lama. Perubahan juga menunggu kode wilayah kecamatan baru dari Kementerian Dalam Negeri. Untuk mengantisipasi kebutuhan kartu keluarga (KK) dan KTP baru, Disdukcapil mengeluarkan surat keterangan (suket), dan juga melakukan sosialisasi di berbagai tempat. (met/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top