Angin Puting Beliung Terjang 112 Rumah – FAJAR sulsel
News

Angin Puting Beliung Terjang 112 Rumah

Bencana angin puting beliung menerjang 112 rumah penduduk di Kelurahan Bonto-bonto, Kecamatan Ma’rang sekitar pukul 06.00 wita, Kamis (12/1/17). Kerugian ditaksir Rp1,3 Miliar.

Pelaksana Tugas (Plt) Badan nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD) Kabupaten Pangkep, H Herman mengatakan, kejadian ini adalah yang paling parah selama ada puting beliung di Pangkep, selain banyaknya rumah yang terkena, kerusakan rumah juga dalam kondisi parah.

“Kerusakan tiap rumah mencapai 70 persen, bahkan ada yang atapnya habis,”kata Herman saat ditemui Upeks di lokasi. Lanjut Herman, berdasarkan hasil pendataan dari BNPBD kerugian ditaksir mencapai Rp1,3 miliar. Tim BNPBD bersama TNI dan Polri telah mendirikan posko darurat yang berfungsi sebagai dapur umum. “Kita juga sudah salurkan bantuan berupa family kit dan makanan cepat saji,”lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana usai meninjau langsung lokasi mengatakan, musibah terjadi memang sangat parah. Dia mengatakan, pemerintah daerah Kabupaten Pangkep segera menyalurkan bantuan. “Pasti kita bantu, dalam waktu dekat akan disalurkan, sementara diinventarisir apa yang menjadi kebutuhan, utamanya balok kayu dan seng,”katanya.

“Bantuan taktis sudah disalurkan, posko darurat sudah didirikan,”tambahnya. Lanjut mantan kepala BAPPEDA itu, saat ini korban sangat membutuhkan tenda. “Kalau ada masyarakat yang ingin membantu korban, sebaiknya bawa tenda, mereka sangat butuh itu untuk berteduh,”jelasnya.

Ketua DPRD Pangkep, Andi Ilham Zainuddin yang juga meninjau lokasi bersama Dandim 1421 Let Kol Inf Muhammad Musyafaq dan Kapolres Pangkep AKBP. Edy Kurniawan, mengatakan pihaknya segera turun memberikan bantuan kepada masyarakat. “Terkait dengan anggaran untuk bencana alam, saya tegaskan bahwa semua keuangan yang ada di DPRD itu kita bisa gunakan bila terkait bencana, ini masalah kemanusiaan,”tegasnya.(sah/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top