BPJS Kesehatan Masih Kejar 5 Juta Jiwa – FAJAR sulsel
News

BPJS Kesehatan Masih Kejar 5 Juta Jiwa

Warga yang Belum Terdaftar

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Divisi Regional IX yang meliputi Sulawesi Barat (Sulbar), Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Maluku mencatat masih ada sekitar 5 juta jiwa masyarakat yang belum terdaftar BPJS Kesehatan.

Jumlah 5 juta itu dari total penduduk sebanyak 15,2 juta jiwa di dalam regional IX. Jika dipresentasekan sudah 67% yang telah terdaftar ke dalam BPJS Kesehatan dan masih ada 33% yang akan digenjot tahun ini.

Kepala Divisi Regional IX BPJS Kesehatan, Dr Mariamah MKes, mengungkapkan, kepesertaan khususnya di tahun 2017 akan terus ditingkatkan melalui sosialisasi-sosialisasi terkait hal itu.

“Kami terus berusaha untuk mengcover semua penduduk yang belum memakai kartu BPJS Kesehatan. Tahun ini kami target naik 15 persen,” ucapnya, saat silatuhrahim dengan media di Kota Makassar, Kamis (12/1/17).

Dalam pendaftaran peserta BPJS terdapat 3 jenis keanggotaan, yaitu bagi pekerja penerima upah (PPU) yang bekerja diperusahaan atau instansi. Bagi Pekerja Bukan Penerima Upah atau sering disebut dengan Peserta Mandiri, dan Peserta PBI.

Jika dilihat dari data yang diberikan, paling banyak yang telah terdaftar itu berasal dari kelompok PBI APBN atau dimana iuran peserta dibayarkan oleh Pemerintah Daerah melalui dinas sosial.

Untuk Sulsel sendiri dari total penduduk 9,4 juta jiwa dan yang belum terdaftar masih ada kisaran 30 persen atau sebanyak 2,8 juta jiwa. Sementara untuk Sulbar dari total penduduk 1,5 juta jiwa masih ada 524 ribu yang belum tercover.

“Sultra sendiri masih ada hampir 1 juta jiwa yang belum ikut ini program BPJS Kesehatan dan di Maluku masih ada 600 ribuan jiwa yang belum terdaftar dari total penduduk yang dimilikinya 1,8 juta jiwa,” bebernya.

Dia juga mengatakan, untuk kerjasama sendiri dengan pihak medis terkait terus dilakukan seperti Puskesmas, Dokter praktik perorangan, Dokter Gigi, Klinik pratama, Klinik TNI, Polri, RS Tipe D Prarama.Hingga saat ini, total Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Divre IX mencapai 1.683 unit.

Dimana khusus wilayah Sulsel 881 unit FKTP, sementara Sulbar 140 unit, Sultra 365 unit dan Ambon Maluku 252 unit.
“Makassar yang mendominasi. Seperti puskesmas yang kerjasama itu ada 123 puskesmas. Tapi kendari pun begitu mencapai 149 unit puskesmas,” katanya.

Sementara, Kepala Cabang BPJS Kesehatan KCU Makassar, Drg Unting Patri Wicaksono, mengatakan, data hingga Januari-November 2016 menunjukkan total kepesertaan baru mencapai 81,3%.

“Total penduduk di 5 kabupaten ini sekitar 3 juta penduduk. Khusus di Kota Makassar sendiri total penduduknya ada 1,7 juta dan yang baru tercover itu 1,2 juta. Jadi sisa 500-an ribu yang belum sisanya berada di kabupaten,” ucapnya, pada waktu yang sama.

Lanjut Mariamah, menambahkan, sepanjang tahun 2016 pihaknya sudah membayar rumah sakit atau FKTP yang berada diwilayahnya dengan realisasi 99 persen dari dana yang disiapkan sebesar Rp3,7 T.”Kami terus berupaya menggenjot agar semua bisa tercover sebelum tahun 2019 untuk kepesertaan,” tandasnya. (nda/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top