Infrastruktur dan Pertanian Dongkrak Ekonomi 2017 – FAJAR sulsel
News

Infrastruktur dan Pertanian Dongkrak Ekonomi 2017

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Banyak yang mempredisi pertumbuhan ekonomi 2017 cukup membaik, terutama di sektor infrastruktur sebab pemerintah telah tengah fokus untuk menyelesaikan pembangunan di daerah, salah satunya proyek liatrik 3.000 watt dan tol laut serta beberapa infrastruktur jalan yang harus diselesaikan. Peluang inilah yang membuat pengusaha untuk melirik hal tersebut.

Demikian diungkapkan Sekertaris Umum (sekum) Apindo Sulsel, Yusran IB Hernald, kepada Upeks, saat dijumpai di Hotel Continent, Rabu (11/1/17).

Namun, Yusran menyebut, ada beberapa kendala yang menghambat hal tersebut seperti ketersediaan dana pemerintah untuk menyelesaikan dalam waktu yang ditentukan, sebab kondisi 2016 pengaruh ekonomi global yang membuat dana pemerintah mengalami kekurangan, sehingga proyek tersebut ditangguhkan untuk sementara.

“Di sektor industri pengemasan juga cukup bagus. Ekspor nanti bisa mengurangi impor, yang tadinya kita prediksi akan diimpor, namun 2017 ini saya rasa kita tidak lagi mengimpor itu, salah satu contoh garam tahun ini kita akan prediksi tidak impor lagi,” katanya.

Selain itu, Yusran juga menyebut, di sektor pertanian seperti jagung, beras, coklat, dan rumput laut. Dia melihat trend dari sektor pertanian 2017 kengalami kenaikan harga terutama coklat dan rumput laut, sehingga diharapkan dari sektor ini bisa menjadi komoditi unggulan para petani agar ke depan lebih banyak lagi diekspor.

“Kemarin berdasarkan data Bank Indonesia (BI) yang kami rilis untuk Sulawesi Selatan 6,9 dan saya rasa pertumbuhan ekonomi 2017 ini dibisa diprediksi naik mencapai 7,5 -8,5 %, itu ditunjang dengan, pertanian dan hasil laut,” tandasnya.

Selain itu, di sektor pertambangan yang merupakan kontribusi yang paling besar, juga masih menjadi primadona terhadap pengusaha, apa lagi jika pembangunan smelter di bebarapa daerah di Sulawesi seperti Kabupaten Bantaeng dan Morowali, jelas jika semua ini selesai prekonomian akan terus bertumbuh,” jelasnya. (edo/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top