Ketua RT/RW Jangan Jadikan Mesin Politik – FAJAR sulsel
News

Ketua RT/RW Jangan Jadikan Mesin Politik

MAKASSAR,UPEKS.co.id — DPRD Kota Makassar mengingatkan Pemkot Makassar agar profesional dalam melakukan pemilihan ketua RT dan RW yang dijadwalkan serentak bulan Februari mendatang. Dewan khawatir ketua RT dan RW dijadikan mesin politik saat pilkada. “Harus murni untuk kepentingan masyarakat.

Jangan ada motif lain di balik itu, karena mereka ujung tombak kita di lapangan,” kata Legislator Demokrat, Basdir. Basdir khawatir ketua RT dan RW yang dipilih serentak di 5.969 RT-RW se-Kota Makassar, menjadi loyalis kandidat tertentu pada pemilihan walikota nanti. “Jangan ada kepentingan lain, apalagi jika jabatan itu diisi kader Parpol,” kata Basdir.

Anggota Komisi B DPRD Kota Makassar ini juga meminta pemerintah kota mengkaji matang regulasi pemilihan itu. Apalagi, lanjut Basdir, salah satu syaratnya, Ketua RT minimal berijazah SMP dan RW harus SMA. “Kami minta aturan itu dikaji ulang,” kata Basdir. Pasalnya, lanjutnya, saat ini di Makassar utamanya di pinggir kota ketua RT maupun RW rata-rata belum tentu memiliki ijazah.

Karena sebelum adanya aturan itu, pemilihan ketua RT dan RW disesuaikan dengan ketokohan seseorang. Pengamat pemerintahan, Dr Sofyan Jamal mengatakan, dewan tak perlu khawatir soal pemilihan ketua ORT dan ORW, mereka yang terpilih tidak akan menjadi kendaraan politik salah satu partai, karena warganya akan mengawasi ketua-ketua ORT maupun ketua ORW-nya. (met/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top