Lagi, UNM Kukuhkan Dua Guru Besar – FAJAR sulsel
News

Lagi, UNM Kukuhkan Dua Guru Besar

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Universitas Negeri Makassar kembali mengukuhkan dua guru besar pada Rapat Senat Terbuka Pengukuhan yang dipimpin Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam, di Ruang Teater Menara Pinisi, Kamis (12/1) kemarin.

Mereka yang dikukuhkan Prof. Dr. H. M. Djen Jalal, M.S,.AIFO guru besar dalam bidang Ilmu Pendidikan Sosiologi Olahraga dan Prof. Dr. Ir. Ilham Thaief, M.M., M.BA., IPM guru besar dalam bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia.

Kedua guru besar UNM ini secara bergantian tampil menyampaikan pidato pengukuhannya. Prof. Djen Jalal dalam pidatonya yang berjudul Penguatan Modal Sosial Melalui Olahraga Sepakbola, memaparkan bahwa hasil kajian menunjukkan olahraga mempunyai potensi dan kontribusi kuat terhadap penguatan dan pengembangan modal sosial.

Ia melanjutkan, sistem olahraga sepakbola dengan segala fenomenanya, maka tampak bahwa sepakbola mempunyai potensi untuk membangun modal sosial. Potensi tersebut yakni kepercayaan, resiprositas, keterlibatan, jaringan sosial, serta norma dan nilai.
“Olahraga sepakbola merupakan kegiatan fisik yang sangat digemari masyarakat, hal ini penting sebagai wadah pengembangan jaringan individu dan sosial juga melalui sepakbola terbentuk rasa kepercayaan yang kuat,”paparnya.

Sementara itu, Prof. Ilham Taiyeb mengupas tentang Penerapan Manajemen Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard dalam Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Perguruan Tinggi.

Menurutnya, keberhasilan suatu institusi perguruan tinggi bukan hanya tergantung pada bagaimana organisasi tersebut melaksanakan proses dan aktivitas keseharian semata, akan tetapi bagaimana kegiatan dan aktivitas rutin maupun kondisional diintegrasikan dalam seluruh komponen organisasi yang rawan konflik.

Ia menambahkan, penting untuk melakukan penataan institusi perguruan tinggi berdasarkan manajemen kinerja sehingga tercipta akuntabilitas perguruan tunggi.

“Dalam pengukuran manajemen kinerja dapat menggunakan salah satu pendekatan yaitu Balanced scorecard karena dengan itu akan diketahui kepuasan karyawan, pelanggan, dan produktivitas yang merupakan tiga hal utama dalam pencapaian tujuan perusahaan atau organisasi,” tutupnya.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Direktur Karier dan Kompetensi Sumber Daya Iptek Kemristekdikti Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd, M.A sebagai tamu anggota senat kehormatan. (mg05/mah)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top