Pejabat Belum Kembalikan Randis – FAJAR sulsel
News

Pejabat Belum Kembalikan Randis

firman-hamid-Pagarra

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Sejumlah pejabat dalam lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar belum juga mengembalikan Kendaraan Dinas (Randis) pasca pelantikan dan serah terima jabatan (Sertijab). Misalkan di Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkot Makassar.

Kabag Humas Pemkot Makassar, Firman Hamid Pagarra mengaku, salah satu mantan kasubagnya, yakni M Ilyas Said belum mengembalikan kendaraan operasional berupa satu unit mobil Daihatsu Luxio. “Betul, belum dikembalikan itu sampai hari ini sejak pelantikan lalu,” kata Firman, Kamis (12/1/2017). Ketidakpatuhan pejabat mengembalikan fasilitas jabatannya juga menjadi perhatian Forum Komunikasi Lintas (Fokal) NGO Sulawesi.

Koordinator Fokal NGO Sulawesi, Djusman AR meminta kepada sejumlah pejabat untuk mengembalikan kendaraan operasionalnya usai sertijab. “Pejabat harusnya mengedepankan etikanya sebagai pejabat dan tidak menggunakan ego sentrisnya,” katanya. Menurutnya, pemerintah dan pejabatnya sebagai pelayan masyarakat, sehingga harus memberikan contoh. Karena itu, pejabat harus mengedepankan etikanya.

Pejabat pemerintah memang mendapatkan sejumlah fasilitas dari negara. Fasilitasi tersebut untuk memudahkan operasional pejabat dalam menjalankan tugasnya untuk kepentingan masyarakat. Lanjutnya, pengembalian fasilitas jabatan tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 84 Tahun 2014 pasal 10 tentang kendaraan perorangan dinas yang dapat dijual tanpa lelang paling banyak satu unit.

Lalu, peraturan yang baru yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 76/PMK.06/2015 tentang Standar Barang dan Standar Kebutuhan Barang Milik Negara Berupa Alat Angkutan Darat Bermotor Dinas Operasional Jabatan di Dalam Negeri dijelaskan mengenai jenis-jenisnya sesuai dengan eselonnya. (rul/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top