Pembiyaan Didominasi Rumah Bersubsidi – FAJAR sulsel
News

Pembiyaan Didominasi Rumah Bersubsidi

Bank-BTN

* Erwin Kidingallo Jabat Kepala BTN Cabang Palopo

PALOPO–Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Palopo tahun ini menargetkan pertumbuhan pembiayaan perumahan sebesar 20 persen. Pembiayaan tersebut diperkirakan masih didominasi oleh rumah bersubsidi.

Erwin Kidingallo, Kepala BTN Cabang Palopo, saat ditemui Palopo Pos Kamis 12 Januari mengungkapkan hal tersebut. Dari sisi pembiayaan perumahan, optimis bisa tumbuh lebih baik lagi di tahun ini. Khususnya pembiayaan pembangunan rumah bersubsidi.

Ia mengungkapkan 95 persen pembiayaan Bank BTN Palopo di Luwu Raya ini masih didominasi oleh rumah subsidi tersebut. Selebihnya pembiyaan rumah non subsidi. “Melihat data, di Luwu Raya pembiayaan kami itu 95 persen yang digarap oleh kurang lebih 80 Developer,” ungkapnya.

Permintaan masyarakat terhadap rumah tersebut masih cukup tinggi. Lantaran dukungan pemerintah pusat melalui berbagai kebijakan.

Karna itu pihaknya mengharapkan Pemerintah yang berada dalam wilayah kerja di Luwu Raya hingga Tana Toraja terbangun kerjasama yang baik dalam pembangunan perumahan untuk masyarakat.

Harapannya juga agar terdapat kemudahan yang diberikan kepada Developer khususnya dalam hal kemudahan perizinan, dukungan Fasum yakni falisitas jalan dan saluran. “Dan tak kalah pentingnya bagi kami adalah kerjasama dalam penempatan dan peningkatan Dana Pihak Ketiga,” Ungkap Erwin.

Ini akan membantu pemberian fasilitas kredit perumahan kepada masyarakat.
Untuk diketahui realisasi pencapaian pembiayaan Bank BTN sebesar Rp125 Miliar, dari target Rp78 Miliar di tahun 2016. Sementara realisasi pembiayaan tahun 2015 tersebut hanya sebesar Rp62 miliar.

“Hal ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap pembiyaan perumahan di Bank BTN Cukup tinggi,” ucap Muh Agusmin, mantan Kepala Bank BTN Palopo sesaat sebelum berpindah, baru baru ini.

PERGANTIAN KEPEMIMPINAN
Erwin Kidingallo, yang saat ini menjabat sebagai Kepala BTN Cabang Palopo mulai berkantor sejak senin lalu. Ia menggantikan Muh Agusmin yang berpindah sebagai kepala cabang Bank BTN Maros. Sebelum menjabat di Palopo, ia merupakan wakil kepala Bank BTN di Manado.

“Pastinya kami mengharap kerjasama yang baik dengan Pemerintah serta Mitra kami. Agar pembanguna perumahan yang menjadi bisnis utama kamibisa lebih meningkat di tahun ini serta tahun-tahun mendatang,” ucapnya.

Ia berencana menjadwalkan menemui Kepala Daerah di 4 Kabupaten/Kota di Luwu Raya serta 2 Kabupaten di Toraja. Dengan terbangunnya komunikasi yang baik, mantan Manager Bank BTN Cabang Madiun ini optimistis pembangunan perumahan oleh mitra developer bisa lebih berkualitas. (ald)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top