Pemda Fokus Bangun Empat Tempat Wisata – FAJAR sulsel
News

Pemda Fokus Bangun Empat Tempat Wisata

Drs-Hamris-Darwis2

MALILI— Sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Luwu Timur (Lutim) mempersipakan sejumlah program di tahun 2017 dalam mendongkrak kunjungan wisatawan di daerah ini.

“Untuk tahun pertama kita fokus membenahi empat objek wisata yang tersebar di sejumlah kecamatan di Lutim,” kata Kepala Dinas Pariwista, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Lutim, Drs Hamris Darwis, kepada Palopo Pos, Kamis 12 Januari 2017.

Keempat objek wisata itu adalah wisata Danau Matano Sorowako, Sungai Malili dan sekitarnya hingga wisata Laut Bulu Poloe, Wisata Pantai Lemo Kecamatan Burau dan air terjun Mata Buntu di Kecamatan Wasuponda.

“Kita akan fokus membangunan keempat tempat wisata tersebut, agar anggaran yang akan digolonotorkan nantinya dapat terlihat,”kata Hamris.
Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutim fokus pada empat tempat wisata itu, karena sesuai hasil evaluasi di tahun 2016 lalu, keempat tempat tersebut adalah yang paling ramai dikunjungi para wisatawan.

Hal itu juga diakui oleh pihak Grand Design Universitas Udayana Bali yang merupakan mitra kerja Pemerintah Lutim dalam membangun dan menata tempat wisata di Bumi Batara Guru.

“Kita telah membuat MoU bersama pihak Universitas Udayana selama 5 tahun, mulai 2016-2021. Sehingga dalam penataan ke empat tempat wisata itu kita mengacu pada Grand Design Udayana termasuk anggarannya,” jelas Hamris.
Hamris menambahkan, dalam membangun destinasi keparawisataan, itu memiliki tiga unsur yang harus dipenuhi. Seperti sebut dia Aksesbilitas, dimana unsur ini adalah untuk mempermudah jarak tempuh para wisatawan. Kedua Amenitas, yaitu semua saranah atau fasilitas yang dapat mendukung terciptanya kenyamanan, kemudahan, keamanan wisatawan. Dan yang ke tiga unsur Atraksi yaitu tempat wisata harus memiliki daya tarik.

Dalam membangun dan menata tempat wisata, diperlukan kerjasama yang baik pada sejumlah instansi yang terkait, seperti memperbaiki jalan, menata pemukiman sekitar dan lain lain.

“Berkembangnya objek wisata juga akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. Untuk itu masyarakatpun diminta untuk terus mendukung tercapainya program pemerintah ini,”kunci Hamris.(akm/ded)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top