Pemkot Tanggung 1.502 Premi Asuransi Nelayan – FAJAR sulsel
News

Pemkot Tanggung 1.502 Premi Asuransi Nelayan

PALOPO — Sebanyak 1.502 nelayan di Kota Palopo menerima kartu asuransi nelayan. Dimana ditahun 2017 ini, premi asuransi nelayan tersebut ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo.

Hal ini diungkapkan Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Palopo, Ilham Hamid usai penyerahan kartu asuransi nelayan, Kamis 12 Januari 2017. Menurut Ilham, jumlah 1.502 nelayan ini adalah jumlah awal yang dinyatakan lolos pemberkasan dari 2.500 nelayan yang terdata di 2016. Namun sisanya dan tambahan yang saat ini sementara dalam pendataan akan diselesaikan di tahun 2017.

”Saat ini pihaknya sementara berupaya sehingga tahun 2017 nanti, semua nelayan yang ada di Kota Palopo bisa mendapatkan jaminan asuransi,” kata Ilham kepada Palopo Pos kemarin.

Sementara itu, Pihak PT Jasindo Girindra Anggoro dalam laporannya, menyampaikan sebanyak 1.502 nelayan, khususnya di Kota Palopo diberikan premi asuransi jaminan keselamatan kerja.

Namun bantuan asuransi jiwa yang diberikan bukan tanpa persyaratan. Pihaknya sepakat, fasilitas akan diberikan kepada calon penerima bantuan yang memiliki bukti identitas KTP dan kartu nelayan. Kartu identitas ini akan dipakai untuk keperluan mengurus administrasi asuransi.

Lanjut Girindra, Jaminan asuransi untuk nelayan ini tentunya bukan hanya diberikan semata namun perlu usaha dari pihaknya dan dukungan penuh Pemkot Palopo, khususnya Wali Kota, dalam merealisasikan jaminan asuransi ini.

Terkait pemberian asuransi kepada para nelayan di Palopo, Ridwan salah seorang nelayan di Kelurahan Sampoddo menyampaikan terimakasih kepada Pemkot Palopo, khususnya Wali Kota Palopo.

Menurutnya, ini merupakan berkah tersendiri bagi para nelayan di Kota Palopo mengingat dalam melakukan aktifitasnya sebagai nelayan akan sangat rentan dengan bahaya.

“Alhamdulillah saya dan teman-teman sesama nelayan mengucapkan terimakasih dengan ini. Kami merasa tenang setidaknya ini sebagai jaminan apabila kami mengalami kecelakaan di laut atau hal-hal yang tidak kami inginkan,” katanya.

Berdasarkan data pihak DKP Kota Palopo, 2.500 nelayan diusulkan untuk mendapatkan premi asuransi namun hanya 1502 nelayan yang dinyatakan layak mendapatkan premi asuransi yang terbagi di 5 (lima) kecamatan, di masing-masing kelurahan yang didomisili nelayan. Dan akan terus dilakukan pendataan dan merampungkan semua data sehingga 2017 semua nelayan di Kota Palopo mendapatkan asuransi.

Selain dihadiri langsung Wali Kota Palopo, dan Kepala DKP, turut hadir Asisten Pemerintahan Burhan Nurdin, Asisten Pembangunan, M. Taufiq M.Kes, Kabag Pemerintahan Andi Muzakkir, para camat dan lurah, serta masyarakat nelayan penerima Kartu Premi Asuransi. Sebelum penyerahan Kartu Premi Asuransi dilaksanakan sosialisasi terkait klaim Asuransi dari Pihak PT Jasindo.(rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top