Soal Pemadaman, PLN Tunggu Informasi Resmi – FAJAR sulsel
News

Soal Pemadaman, PLN Tunggu Informasi Resmi

PALOPO — Tidak beroperasinya PLTU Bosowa Energy di Jeneponto berimbas fatal. Tidak hanya di Kota Palopo, sejumlah kabupaten/kota di wilayah Sulselbar terpaksa tidak menikmati listrik selama beberapa jam.

Di Palopo, listrik padam antara dua hingga tiga jam. Itu digilir bergantian dibeberapa tempat. Pemadaman bergilir mulai terjadi Sabtu 7 Januari 2017 lalu.

Informasi yang diterima Palopo Pos dari Manager PT PLN Rayon Palopo Kota, Baso Nurrahman, Kamis 12 Januari 2017 menyebutkan, saat ini pihaknya masih menunggu informasi resmi dari PT PLN Persero Wilayah Sulselbar.

“Kami masih menunggu informasi resmi dari PLN Wilayah,” kata pengganti Eko Riduwan ini.

Dijelaskannya, Kamis 12 Januari 2017 kemarin, sejak pukul 06:00 Wita hingga pukul 17:00 Wita, lampu di Kota Palopo masih aman. Tidak dilakukan pemadaman. Informasi terakhir, PLTU di Jeneponto sudah mulai masuk sistem, tetapi belum full 100 persen.

“Sudah mulai sistem, tetapi fullnya 100 persen, itu belum ada data dari Sulel. Kita masih menunggu informasi resminya,” sebutnya. Dia menambahkan, setelah perlahan-lahan PLUT di Jeneponto sudah mulai mensuplai daya ke Sistem Sulselbar, diharapkan tidak terjadi lagi pemadaman.

Diberitakan sebelumnya, sejak Sabtu 7 Januari 2017 terjadi pemadaman diseluruh wilayah Sulselbar. Itu digilir. Kondisi tersebut menurut PLN akibat tidak beroperasinya PLTU Bosowa Energy di Jeneponto.

Penyebab tidak beroperasinya PLTU tersebut adalah batu baranya basah dan lengket saat diproses di mesin penggilingan batu bara, sehingga akibatnya PLTU tidak mendapat suplai bahan bakar yang memadai.

PLN telah melakukan koordinasi secara intens dengan manajemen PT Bosowa Energy untuk bisa melakukan penormalan secepatnya dengan melakukan perbaikan cepa di mesin-mesin penggiling batu bara dan mengeluarkan batu bara basah dari bunker.

Upaya penormalan tersebut memerlukan waktu. Dan diperkirakan 1 unit PLTU Jeneponto bisa beroperasi maksimal Rabu, 11 Januari 2017. Atas kondisi ini, PLN melakukan pengaturan beban (pemadaman), karena sistem kelistrikan Sulsel mengalami defisit sekitar 175 MW.(ara/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top