Terminal Malili Bersih, Jangan Hanya di Adipura – FAJAR sulsel
News

Terminal Malili Bersih, Jangan Hanya di Adipura

MALILI–Kawasan Terminal Malili, dibersihkan bukan hanya disaat menghadapi Piala Adipura saja, melainkan harus dibersihkan setiap saat. Karena terminal bus itu adalah merupakan ikon dan tempat transit para penumpang dari luar yang senantiasa menilai bersih tidaknya suatu daerah.

“Terminal itu tempat persinggahan orang dari luar Luwu Timur (Lutim), dan itu akan dijadikan contoh perbandingan dengan kota lain. Sehingga harus bersih terus,”kata Sekertaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lutim, M Yamin Oemar SSos MSi, diselah-sela rapat bersama warga terminal, Kamis 12 Januari 2017.

Rapat tersebut berlangsung di Aula Kantor Dinas Perhubungan, dihadiri Kepala Bidang Angkutan Darat, Drs Saenal, dan Koordinator Terminal Dishub, Agustinus Kallo. Sementara agenda pada rapat tersebut, membahas tentang meningkatkan/menjaga kebersihan, kenyamanan, keindahan, dilokasi terminal dan sekitarnya.

Drs Saenal, pada kesempatan itu menyampaikan, dalam menjaga dan menata kebersihan terminal, perlu dilakukan dengan bersama-sama.
Selain pihak dinas, warga yang berdomisili diterminal juga harus terlibat dalam kebersihan. Apa lagi diketahui, bahwa yang bertanggubgjawab penuh pada terminal itu adalah Dishub. Sehingga mau tidak mau warga terminal harus siap diatur untuk melakukan kebersihan.

Seperti membersihkan pekarangan rumah/kios/perwakilan setiap hari dan harus ikut bergotong royong dalam lokasi terminal pada waktu yang telah ditentukan.

Saenal juga mengatakan, dengan terlibatnya warga dalam melaksanakan kebersihan setiap saat, akan mendapat poin tersendiri bagi warga tersebut. Sehingga suatu saat nanti jika terminal dipindahkan, maka warga yang mendapat poin baik akan menjadi prioritas. Sebaliknya yang tidak baik akan dievaluasi oleh dinas perhubungan.

“Kami berharap semua warga terminal untuk terus menjaga kebersihan,” ujar Saenal.

Sekedar diketahui, dalam kesempatan rapat ini, juga disepakti memilih koordinator kebersihan warga terminal, Andi Daddy. Dan disepakati pula jadwal gotong royong yakni setiap jumat dan minggu pagi untuk dilakukan pembersihan diseluruh kawasan terminal.(akm/ded)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top